5 cm…

Sekali-sekali saya juga pengen ikut-ikutan meramaikan apa yang sedang diperbincangkan oleh orang-orang penggemar film Indonesia. Ya, kali ini saya mau ikutan komentar soal film yang katanya ditunggu-tunggu penggemar film dan penggemar novel dengan judul yang sama, 5 cm.

Kalau sudah baca novel karya Donny Dirganthoro ini, kemudian suka, memang hampir dipastikan akan penasaran dengan filmnya. Apalagi dicerita novel itu “menjual” nama Semeru, pasti makin penasaran. Antara kisah di novel dan di film sejauh yang saya ingat tidak ada perbedaan, kurang lebih sama lah.

Sebenarnya saya gak terlalu suka nonton film, apalagi nonton di bioskop, tapi berhubung kali ini permintaan tuan putri dan tidak bisa di tolak, akhirnya saya terdampar juga di depan layar lebar, dan sebenarnya nya saya juga agak sedikit penasaran dengan film ini, ya apalagi kalau bukan karena ada Semeru di film itu.

teaserposterfinal copy

Film dan Novel ini menceritakan tentang persahabatan lima orang pemuda, sebut saja Arial, Zafran, Ian, Genta dan Rianti, mereka sudah bersahabat dan selalu bermain bersama selama 10 tahun, dan suatu saat mereka memutuskan untuk berpisah dan tidak berkomunikasi selama tiga bulan. Selanjutnya pasti sudah tahu kan 🙂

Tapi sekali lagi, film ini sebenarnya bertema tentang persahabatan, memang ada Semeru, dan ada bagian cerita mereka berlima, Zafran, Arial, Genta, Ian dan Rianti plus ditambah Dinda adiknya Arial mendaki gunung Semeru dengan semangat tinggi hingga akhirnya sampai di puncak Mahameru. Jadi ya bagian cerita yang menggambarkan pendakian mereka ke puncah Mahameru buat saya pribadi sedikit hambar dan terlihat sangat hebat apalagi untuk hitungan orang-orang yang baru pertama mendaki gunung dan pertama kali ke semeru.

Yang saya suka dari novel 5cm sebenernya adalah, kisah ketika mereka berpisah. Ketika mereka berlima memutuskan untuk tidak saling bertemu dan berkomunikasi selama tiga bulan. Dan dari sana muncul kisah-kisah baru dari masing-masing orang, ini yang buat saya menarik. Tapi di film nya, bagian ini tidak terlalu menjadi prioritas. Sepertinya Semeru yang menjadi ujung tombak dari film ini.

Tapi ya, secara keseluruhan film ini menarik, tema persahabatan dan semangat nasionalis yang ingin disampaikan juga sangat mengena walaupun kadang terasa sedikit berlebihan. Tapi yang jelas, Semeru akan semakin terkenal dan akan ada banyak orang yang pengen muncak ke Mahameru setelah melihat film ini, pasti banyak yang akan bilang “Igor Saykoji ama Pevita Pearce aja bisa ampe puncak, masa gw gak bisa….” 🙂

 

Satu pemikiran pada “5 cm…

Tinggalkan Balasan

