Didalam Lembah Kehidupan…

Gak sengaja nemu lagi buku ini diantara tumpukan buku-buku lama di rumah. Sebuah kumpulan kisah kisah pendek buah karya Hamka yang disatukan menjadi sebuah buku dan diberi judul didalam lembah kehidupan. Buku ini milik perpustakaan sekolah tempat Ayah dan Ibuku mengajar, terlihat ada cap di cover-nya kan? Saya sendiri sudah beberapa kali membaca buku ini waktu SMU dulu, tapi baru sekarang terpikir untuk menuliskannya dalam blog.

Ini buku sudah lama jadi saya sendiri tidak tahu apakah di luaran sana masih ada yang menjualnya. Ada 13 kisah dalam buku ini dan semuanya merupakan kisah yang bagus, sangat bagus !!.

Sebuah pengantar yang sangat menarik dari sang penulis, beliau mengatakan,
“Banyak orang mengarang dan menggubah bunga kehidupan yang mewah-mewah, melukiskan istana raja-raja, puteri yang kaya dan cantik, orang muda mudi yang disayang ayah dan perkawinan yang berbahagia. Maka tersenyumlah orang membaca ceritera yang demikian, gembiralah hatinya.
Padahal di dalam lembah yang dalam sekali, di dalam jurang yang tidak ditempuh mereka itu yaitu di dalam lembah kehidupan, adalah sekumpulan mahluk yang merintih. Tidak berapa orang yang mendengar rintihan itu – tidak tahu…. Hanya Tuhan jua yang Mahatahu, Pengasih dan sambil bekhidmat kepada bahasa ibuku.
Akan tetapi saya datang ke sana, sebab memang saya orang di sana. Saya lihat air mata titik, saya lihat air mata itu diiringi oleh darah, maka saya susunlah penderitaan itu jadi gubahan untuk bangsa dan nusaku, penyayang!
……

Kesemua kisah yang dihadirkan dalam buku ini memang menceritakan penderitaan, kesedihan, kemalangan dan ketidak beruntungan yang setiap manusia berharap hal itu tidak akan pernah terjadi pada dirinya.

Pendapat pribadi saya, buku ini wajib dibaca, banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Selain sebagai pengingat agar kita yang saat ini masih diberi karunia berupa harta dan semacamnya untuk selalu bersyukur dan juga untuk memberi tahu bahwa diluar sana banyak saudara-saudara kita yang tidak beruntung dan kita punya kewajiban untuk membantunya.

11 pemikiran pada “Didalam Lembah Kehidupan…

  1. saya akan coba untuk mencarinya…

    kalau tidak. berarti saya harus ke perpustakaan tempat orangtuamu mengajar😀

    silahkan dicari🙂
    klo gak ketemu kerumah aja, ngapain ke perpustakaan sekolah ? wong bukune udah dirumahkan sejak kira2 15thn yang lalu.. hehehe

  2. Pak mohon bukunya dikembalikan keperpustakaan sekolah,.. kasihan murid-murid yang ingin baca..

    di perpustakaan masih ada satu lagi kok (kalau tidak salah) lagi pula anak2 jaman sekarang lebih sering ke kantin atau ke UKS dari pada ke perpustakaan, karena sayang dari pada bukunya rusak jadi saya “selamatkan”…🙂

  3. Subhanallah… pengen banget baca buku ini. Ingin sekali sangat. Dimana ya nyarinya?😦

    kalau pengen punya, coba aja cari di tobuk online.. kalau gak salah, buku ini sudah dicetak ulang kok, ada yang baru nya..
    atau sambangi aja perpustakan daerah..🙂

  4. itu judul bukunya apa ya?????? pengarangnya siapa…, apa nama penerbitnya…, dan keluar tahun kapan…, bay the way…., ada cetakan yang baru kan????, apa itu??? mohon jawabannya…, terimak saih sebelumnya….

    • iya om…

      judul bukunya itu, DI DALAM LEMBAH KEHIDUPAN, karangan Buya HAMKA..
      buku ini terbitan BulanBintang, sudah agak lama….

      kalau cetakan baru nya, saya kurang tau, tetapi sempat google dan ada terbitan baru nya…
      sekiranya berminat, coba aja googling….🙂
      semoga ketemu…

      maap, tidak bisa membantu🙂

    • tugas sekolah?
      masa minta buatin …ckckck…

      coba googling aja, siapa tau ada yang jual buku-nya…
      kalau buku ini ada dirumah🙂
      mau buat sinopis buku atau ceritanya? di buku ini ada 13 cerita pendek soale…

      semangat ya buat bikin tugas nya🙂

  5. assalammualaikum….? dengan sangat memohon saya minta bantuan bapak, saya sangat membutuhkan buku itu sekarang pak,untuk bahan skripsi saya, klw karangan buya hamka yg lainnya saya sudah ada pak,cuman yg ini belum ada, saya sudah pusing carinya kemana2 pakn dari emperan,pasar loak smpai ke grmedia dll tpi tdak ada ktmu2 pak, klw boleh saya mnta no hp bapak untuk menanyakan bagaimana nanti nya..makasih pak.

    • waalaikumsalam wr wb…
      saya sebenarnya juga ingin membantu.. tapi posisi sekarang, buku itu ada dirumah, sedangkan saya kerja diluar kota.
      dan baru pulang kira2 awal bulan oktober besok..
      jadi belum bisa bantu apa2 untuk sekarang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s