Tenggelamnya Kapal Van der Wijck…

Menyusul didalam lembah kehidupan, saya sajikan salah satu karya Hamka yang terkenal, yaitu sebuah roman yang berjudul “tenggelamnya kapal van der wijck”. Cerita dalam buku ini ditulis pada kisaran tahun 1938, dan diterbitkan secara berkala pada majalah “Pedoman Masyarakat” sebelum akhirnya cerita ini dibukukan. Buku yang saya pegang ini cetakan ke-16 yang berangka tahun 1984.

saya sempat berpikiran bahwa tokoh utama dalam cerita ini adalah sang penulis sendiri, dan ternyata tidak hanya saya yang berpikiran seperti itu, penulis sendiri menyatakan hal tersebut dalam kata pengantar yang selalu saya baca setelah selesai membaca ceritanya.

Menceritakan perjalanan hidup seorang pemuda yang bernama Zainuddin, bagaimana kehidupan nya, perjuangannya di perantauan, pertemuaanya dengan seorang gadis, terpuruknya dia karena patah hati, kebangkitannya kembali dan banyak lagi.

Penasaran?? Coba baca aja..  🙂

5 pemikiran pada “Tenggelamnya Kapal Van der Wijck…

  1. waktu sekolah dulu, pernah dapat pe-er bikin ringkasan novel ini…. tapi sepertinya harus nyari lagi nih, asli, saya lupa ceritanya.. heheh..

    wah…tugas sekolah ?? tahun berapa tu mbak…hehehe

  2. ni novel bagus banget,gak seprti novel skrg.tp sayang langka,gmn kl d cetak lg ya…..

    sepertinya sudah dicetak ulang deh, coba aja googling…🙂

  3. Kayaknya kalau di filmkan bagus juga.tapi durasinya minimal 4 jam,agar mewakili cerita sebenarnya.mungkin Chaerul umam atau sutradara lainnya bisa ikut ambil bagian

    ya paling tdak dibuat kyk film2 skarang yang 3 seri itu apa namanya hehe, seusai dengan cerita nya juga kan… awal, masa kebangkitan dan penutup… he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s