Jordan Toys….

yeaaaah..  ada toko tamiya baru di Teko, gak harus jauh-jauh ke Grha Tamiya di Gading Serpong..he

kapan tempat ini dibuka saya gak terlalu tau juga, yang jelas ketika terakhir saya cuti awal bulan ini dan menyempatkan mampir ke Teras Kota, diantara gerai makanan disana, mata ini tertuju ke sebuah tulisan dengan lambang dua bintang yang sangat familiar.. haha

toko nya cukup lengkap, kit, spare part, aksesoris, bahkan trek untuk balapan juga ada. Semua ditata rapi ditempat yang gak terlalu luas. kebayang pas ada race, pasti penuh bener..

img-20161219-wa0005

Jordan Toys nama toko nya, sama dengan toko mainan di Lampung, gak tau apa ada hubungannya atau sekedar sama namanya saja. Yang jelas, ini bakalan jadi tempat wajib untuk didatangi kalau pas lagi cuti. he

Dash X-3 Holy Emperor dan Dash X-5 Dark Emperor… macet!

Ketika saya membuka facebook, ada (mungkin) fitur baru dimana facebook menampilkan foto-foto lama. Kalau gak salah namanya share memory apa gitu. Dan di situ ditampilkan foto Dash X-3 Holy Emperor yang dulu pernah saya upload di facebook dan juga saya post juga disini.

Dash XSial, gak kerasa ternyata sudah tiga tahun sejak saya membuatnya dan sampai sekarang belum ada perkembangan yang berarti, bahkan ada kemungkinan bakalan gagal dan tidak sesuai harapan.

Disetiap ada kesempatan yang ada saya selalu berusaha untuk membuat sebuah progress positif kepada duo Dash X ini, Holy Emperor sekaligus Dark Emperor, biarpun hanya sekedar menghaluskan dempul atau mencari-cari warna yang cocok nantinya untuk disematkan ke mereka. Namun pada kenyataan nya beberapa kali proyek ini harus  terhenti  seperti cerita saya disini maupun disini.

Baca lebih lanjut

Mini 4wd…

Kali ini ngomongin soal mini 4wd lagi, he. Tau kan apa itu mini 4wd? Kalau agak asing dengan istilah mini 4wd, bagaimana jika saya ganti dengan kata Tamiya. Kalau Tamiya, saya yakin semuanya pasti tau.

Tamiya sebenarnya merupakan merk atau brand , dan Tamiya memang menjadi pelopor di dunia mini 4wd, sehingga orang mengenal merk itu sebagai produk. Seperti hal nya orang dulu menyebut Honda untuk motor, walaupun motornya itu ber-merk Suzuki atau Yamaha, orang tetap menyebutnya Honda. Begitulah yang terjadi dengan Tamiya. 🙂

Baca lebih lanjut

Dash 05 – Dame the Dancing Doll…

Akhirnya setelah sekian lama salah satu dari banyak pending project selesai. Walaupun tidak terlalu puas dengan hasil nya.  Saya memang masih harus banyak belajar lagi, terutama soal painting atau nge-cat.

Project pembuatan Dash 05 ini dimulai dari oktober 2013 (bisa di cek disini dan disini). Setelah lama terbengkalai dan tidak terurus, akhirnya sedikit demi sedikit, di sela-sela waktu ketika saya libur kerja, Dash 05 ini mulai terlihat bentuknya.

Atas saran seorang pakar detailing di group BMYC, bung Ahmad Sofiani.  Saya memilih cat besi dari pada cat semprot untuk mewarnai body kit dari Dash 05 ini, ditambah stiker motor dan spidol warna. Akhirnya Dash 05 Dame the Dancing Doll layak (paling tidak menurut saya layak) tampil di muka umum, he.

IMG_20150109_205339 copy copyIMG_20150109_205330 copy copyIMG_20150109_205315 copy copy

Beberapa kekurangan dari body kit buatan saya ini adalah, bentuk body nya yang kurang proporsional, karena saya membuat nya hanya dengan kira-kira saja, tanpa ukuran-ukuran yang pasti. Kemudian dempul yang tidak rapi, dan terakhir adalah cat yang tidak rata. Yah mohon dimaklumi saja karena saya memang masih pemula dalam hal ini. 🙂

Dan terakhir, Semoga project selanjutnya dapat segera diselesaikan.

 

 

Black Mini 4wd Corner…

Setiap orang memerlukan sebuah tempat dimana dia bisa merasa ada dan berguna, atau paling tidak tempat dimana bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat buat pribadinya atau hal yang disukainya.
Karena itu banyak bermunculan forum, grup dan sejenisnya yang bisa mengakomodir kebutuhan dan keperluan dari semua anggota-anggota nya.

Sedikit dari grup atau forum itu adalah, Black Mini 4wd Corner atau dibiasa disingkat BMYC. Kalau tidak salah grup ini terbentuk dari obrolan penggemar mini 4wd di forum Kaskus. Karena dirasa Kaskus tidak bisa merangkul banyak khalayak, akhirnya dibuatlah sebuah grup di situs jejaring sosial facebook, karena facebook pasti lebih ramai.
10271471_780038068673786_8543192114493595473_nGrup yang hari ini sedang merayakan ulang tahun ke dua-nya ini sekarang sudah mempunyai anggota hampir 2000 orang. Sesuai dengna namanya, grup ini adalah grup pecinta mini 4wd, tidak terbatas pada merk Tamiya dan Auldey, merek-merek lain dipersilahkan untuk bergabung. Selain itu grup ini pun bukan hanya tempat berkumpul para pembalap saja, karena saya pun bukan seorang racer. Pokoknya semua penyuka mini 4wd, dipersilahkan dan dengan bebas boleh bergabung di grup ini dan di sini anggota bebas berdiskusi, bertanya atau melakukan transaksi jual beli mini 4wd selama tidak melanggar aturan yang telah disepakati bersama.

Terima kasih kepada admin yang telah ikhlas membagi waktu untuk mengurus grup BMYC, dan terima kasih juga karena saya sudah di izinkan bergabung sehingga saya mengenal banyak teman-teman yang juga mempunyai hobby yang sama.

mini yongku“sebuah karya dari saya untuk BMYC, sayang saya salah kasih angka yang harus nya 2 malah tertulis 1, hehe”

berkunjung atau bergabung dengan BMYC? klik disini

 

Pending Project (cerita)..

Judul yang sama lagi, hehe. Ternyata sudah ada dua postingan saya dengan judul Pending Project, yang pertama disini dan yang kedua yang baru saja saya posting sebelumnya disini.

Pending Project yang pertama adalah project Dash X3 dan Dash X5. Awal ide untuk membuat ini adalah karena ingin melengkapi tim Dash X.

~

1. Dash X3 – Holy Emperor.
Dash X5Pada postingan tersebut untuk Dash X3 ini saya masih harus membuat lubang dibagian depan dan merapikan beberapa dempul yang masih kasar.

Dan pada kesempatan kemarin, saya berkesempatan untuk merapikan bagian dempul yang kasar kemudian memberi cat putih sebagai warna dasar, walaupun akhirnya untuk lubang dibagian depatn dengan terpaksa akhirnya tidak saya buat.

Besok rencananya untuk bagian yang seharusnya berlubang tersebut akan saya cat dengan warna hitam untuk memberikan kesan lubang.
Pekerjaan selanjutnya besok adalah memberi warna yang sesuai dan kemudian menempelkan decal.

~

2. Dash X5 – Dark Emperor
xxxHanya ada sedikit  perubahan pada body kit ini, pada kesempatan kemarin saya hanya merapikan beberapa bagian yang saya rasa masih kurang sesuai, kemudian menambahkan knalpot disisi kiri dan kanan.

Banyak detil yang tidak saya buat pada body kit ini, hal itu dikarenakan keterbatasan peralatan dan kemampuan saya.

Rencana kedepan, saya ingin memasang lampu LED di bawah sayap depan. Dari foto yang saya dapat di Internet memang di body kit ini dipasangi lampu, Jadi saya pun berencana untuk memasang lampu. Lampu LED ukuran 3mm sudah saya beli kemarin, namun belum saya pasang, karena saya bingung dan masih mencari-cari cara untuk memasang dan merakit rangkaian LED-nya. 🙂

~

Selanjutnya untuk pending project yang kedua, yang saya posting sebelumnya adalah project Dash 04 dan Dash 05. Bisa dikatakan merekalah yang menyebabkan Dash X3 dan Dash X5 tidak selesai tepat pada waktunya, he

~

3. Dash 04 Dame Dancing Doll.
Dash 05 DDDSaya menjadikan body Dash 03 Super Shooting Star sebagai dasar untuk membuat Dash 04 Dame Dancing Doll ini.

Pada awalnya saya ingin membuat Dash 003 Neo Blazing Sun dengan body kit dash 03 SSS tersebut. Namun entah kenapa tujuan malah berubah dan akhirnya saya malah membuat Dash 04 Dame Dancing Doll.

Referensi untuk body kiti ini tidak banyak saya hanya sedikit menemukan foto-foto Dash 04 DDD ini di Internet, berbekal foto-foto itulah, saya nekat membuat Dash 04 ini.

Dan seperti yang terlihat difoto, body kit ini sangat jauh dari sempurna, entah apa yang akan saya kerjakan besok untuk menyelesaikannya. Salah satunya adalah saya masih bingung bagaimana cara membuat tiga air intake yang ada di body tersebut. Hahaha

~

5. Dash 05 Cannonball Wail
Dash 04 Cannonball Wail
Ketika sedang belanja di supermarket, saya melewati bagian mainan dan berhenti di rak yang berisikan mini 4wd (bukan merk Tamiya pastinya). Ada satu kit yang menarik hati saya, Diospada.

Melihat kit ini pikiran saya melayang ke Dash 04. Sepintas bentuknya memang agak mirip, dan saya pikir bisa untuk membuat Dash 04 menggunakan body Diospada ini.

Tidak berbeda jauh dengan Dash 05. saya tidak mempunyai referensi yang lengkap untuk ini. berbekal sedikit foto yang di dapat dari Internet, saya memotong Diospada dan mencoba membentuknya untuk menjadi mirip Dash 04.

Kedepan saya masih harus merapikan bagian cockpit dan sayap samping dan bagian belakang agar lebih mirip dengan Dash 04. Sedangkan untuk bagian depan masih belum terpikirkan bagaimana membuatnya. 🙂

~

Perjalanan keempat kit ini masih sangat panjang, sayapun baru bisa bertemu kembali dengan mereka paling cepat minggu kedua Desember, masih ada lebih dari satu bulan. Lalu apa yang saya lakukan sampai waktu itu tiba ? Yang saya lakukan adalah menambah referensi dan memikirkan bagaimana cara untuk menyempurnakan ke empat body kit ini. 🙂

~

Oiya, bagi yang ingin melihat seperti apa nanti jadinya ke empat kit ini, silahkan lihat gambar-gambar dibawah ini, gambar-gambar ini lah yang menjadi referensi saya untuk membuat kit yang sama. Semoga hasil karya saya nanti tidak kalah dengan mereka. 🙂
Maaf jika sumber nya tidak tercantum, soalnya saya juga mendapatkannya dari google.

pending project…

Waktu dimana saya bisa bermain mini 4wd adalah ketika libur kerja, selama libur 2 minggu tersebut saya menyempatkan untuk melihat-lihat koleksi, mengeluarkan dari kotak dan membersihkannya (semua masih didalam kotak, walaupun sudah dirakit karena saya belum memiliki lemari untuk menyimpan koleksi saya), membuat atau memodifikasi lagi mini 4wd.

Liburan kemarin sebenarnya target saya adalah menyelesaikan project lama saya yaitu Dash X3 dan Dash X5, karena memang belum selesai. Tapi entah kenapa, ditengah proses menyelesaikan kedua kit tersebut, ada niat untuk membuat lagi kit baru, dan yang menjadi target kali ini adalah Dash 04 dan Dash 05. Berbekal sisa-sisa body yang ada, dan keyakinan pasti gak bakalan selesai, he. Body Diospada saya bedah menjadi Dash 04 Canonball Wail dan body Dash 03 SSS saya ambil cockpit untuk dijadikan Dash 05 Dame Dancing Doll.

Foto0603Sebenarnya saya tidak terlalu tahu bentuknya seperti apa untuk kedua body kit ini, hanya kira-kira dari foto yang ada di internet.

Foto0606Gambar diatas adalah terkahir yang bisa saya kerjakan sebelum project ini terpaksa saya tinggal lagi untuk bekerja. Saya hanya sempat memberikan dempul untuk membentuk beberapa bagian agar sedikit lebih mirip dengan contoh foto yang saya lihat di Internet. Tapi pekerjaan untuk kedua body kit ini masih sangat jauh dari selesai. 🙂

Jodoh gak kemana…

Haha, Judul nya memang sedikit gimana gitu, tapi ini masih soal Mini 4wd. Ya seperti judul di atas. Jodoh gak kemana, istilah yang memang pas disematkan kemana pun, tidak terkecuali ke mini 4wd.

Tamiya Dash 02 Neo Burning Sun ini memang menjadi wish list dan target sejak awal (baca di sini) , namun usaha untuk mendapatkannya sangat susah sekali, item ini memang agak susah ditemui, sekalinya ada, harganya di luar jangkauan tangan. he

Setelah lama mencari dan menunggu, akhirnya saya mendapatkan apa yang menjadi target incaran, dan gak tanggung-tanggung, sekali dapat langsung dua buah, satu masih baru dalam kotak belum dirakit, yang satu lagi sudah dirakit dengan kondisi masih sangat bagus.
NBS copyYa, jodoh memang gak kemana… he

Pending Project…

Bulan Ramadhan yang lewat ada beberapa project yang ingin saya selesaikan, satu project sederhana berhasil selesai, yaitu project memberi decal ke seri dash X imajinasi saya, dan sudah saya posting beberapa waktu yang lalu di sini.

Project selanjutnya juga sudah sempat saya posting juga di sini, namun ternyata sampai akhir Ramadhan, target pekerjaan belum selesai.
Ya project kedua ini saya ingin membangun Dash X-5 Holy emperor dan Dash X-3 (saya tidak tahu namanya).

Dash X-5 Holy Emperor sebenarnya tinggal membuat lubang di bagian nose kemudian menghaluskan bagian-bagian potongan dan tempelan dengan dempul, namun karena ditengah pekerjaan saya kemudian memutuskan untuk memulai membangun Dash X-3 jadinya malah keduanya tidak ada yang selesai.

Dengan terpaksa project ini harus ditunda lagi 2 bulan, sampai waktu cuti berikutnya datang.
Dash X5 X3diatas adalah penampakan dari Dash X5 dan Dash X3, masih perlu penghalusan dan penambahan detil khusus Dash X3.