Dash! Yonkuro…

Serial animasi atau film kartun Dash!Yonkuro ini pernah ditayangkan setiap minggu pagi di TVRI pada awal tahun 90’an. Film kartun ini sangat digandrungi oleh banyak anak-anak pada masa itu, termasuk saya.
Dash Yonkuro identik dengan Mini 4wd, atau kalau kita biasa menyebutnya dengan istilah Tamiya, walaupun sebenarnya Tamiya adalah sebuah merk.

Dalam film kartun itu, Yonkuro dan kawan-kawannya adalah seorang pembalap mini 4wd. Kepopuleran serial animasi Dash! Yonkuro membuat mini 4wd Tamiya jadi ikut-ikutan populer.
Mobil-mobilan seukuran telapak tangan yang dijalankan di track khusus ini jadi mainan yang wajib dimiliki oleh anak-anak pada masa itu, walaupun pada waktu itu harganya tidak bisa dibilang murah.

Sampai sekarang para penggemar Dash! Yonkuro dan mini 4wd masih banyak. Dan sayapun sampai sekarang masih suka dengan Dash! Yonkuro.

Teman-teman juga suka Dash! Yonkuro?

Serial animasi Dash! Yonkuro ini ternyata di adaptasi dari komik dengan judul yang sama karya Tokuda Zaurus. Komik Dash! Yonkuro sempat berdedar di Indonesia lewat penerbit Rajawali Grafiti. Namun sepertinya komik yang berdedar di Indonesia berbeda dengan komik aslinya di Jepang sana.

Maksudnya berbeda, yang saya tahu komik Dash! Yonkuro di jepang sana ada 14 seri. Sedangkan yang berdar di Indonesia cuman 7 seri.

Dan komik Dash! Yonkuro ini benar-benar susah dicari sekarang, kalaupun ada harganya sangat mengagumkan. Bisa diintip dibawah ini, salah seorang seller yang menjual komik Dash! Yonkuro lengkap.

Saya juga punya komik Dash! Yonkuro, tapi hanya fotokopian. Itupun saya merasa sangat beruntung walaupun fotokopian saya bisa kembali membaca komik ini.

Film kartunya juga ada, walaupun kualitasnya gak HD kalau istilah sekarang, tapi lumayalah buat nostalgia.

Mini 4wd-nya gimana? Nah.. ini yang akan saya ceritakan di postingan berikutnya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s