Perempuan Penunggang Harimau…

Sudah lama saya penasaran dengan novel karya M. Harya Ramdhoni ini, dan akhirnya saya bisa mendapatkan bukunya melalui salah satu situs belanja online. Novel karya M.Harya Ramdhoni ini diterbitkan oleh BE Press, pada tahun 2011. Sudah cukup lama memang.

Yang membuat saya penasaran dengan novel ini adalah latar belakang cerita. Latar belakang cerita novel Perempuan Penunggang Harimau ini adalah kerajaan Skala Bgha. Sebuah kerajaan kuno yang pernah berjaya di Lampung dan dipercaya oleh sebagian orang sebagai cikal-bakal masyarakat atau penduduk Lampung saat ini.

Novel ini bisa disebut menggabungkan antara fiksi dan sejarah. saya mengutip apa yang disebutkan pada novel ini bahwa karakter tokoh dalam novel ini merupakan orang-orang yang memang pernah hidup pada masanya, lokasi dan kerajaan-kerajaan yang disebutkan juga memang benar-benar ada dan tertulis dalam catatan sejarah. Inilah yang membuat saya penasaran dan ingin membaca seperti apa cerita dalam novel Perempuan Penunggang Hariamau ini.

Novel Perempuan Penunggang Harimau ini mengambil setting pada masa raja atau ratu terakhir yang berkuasa di Kerajaan Skala Bgha. Novel ini mengisahkan Masa kejayaan yang telah lama dibangun oleh para nenek moyang Skla Bgha akhirnya harus tunduk dan menyerah kepada sebuah ajaran dan kepercayaan baru yang datang dari utara.

Saya sebenarnya mengharapkan ada lebih banyak kisah dan fakta sejarah dari kerajaan Skala Bgha yang diceritakan di novel ini, tapi sepertinya bukan itu tujuan dari penulis. Kisah pada novel lebih kepada bagaimana kerajaan itu pada akhirnya runtuh dan takluk.

Ya secara umum, novel ini cukup bagus menurut saya. Dimana tidak banyak cerita mengenai sejarah tentang Lampung, Penulis dengan novel ini hadir dan memberikan sebuah gambaran lain yang cukup mencerahkan. Penulis dengan apik bisa menggambarkan seperti apa keadaan pada masa itu, dan itu membuat saya penasaran dan kemudian membayangkan-nya.

Ada beberapa novel lain dari penulis yang mungkin tidak bisa disebut lanjutan dari novel ini, namun ada sedikit kemiripan, yaitu Menggabungkan antara fakta sejarah dan fiksi.

Nanti kalau saya sudah mendapatkan buku-nya akan saya share lagi disini. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s