Eternal Blue Sky … (3)

Dulu saya pernah membuat daftar komik karya Adachi Mitsuru yang dibuat menjadi film, drama maupun serial animasi. Di postingan waktu itu (disini) saya menyebut 4 judul karya Adachi yang dibuat versi Film, Serial Drama dan Animasi.

Dan ternyata, ada banyak karya Adachi yang dibuat jadi film dan serial animasi. Ketika saya sedang mencari informasi tentang komik terbaru Adachi sensei yang berjudul MIX, Saya menemukan karya lain dari Adachi yang ternyata ternyata pernah dibuat versi animasi dan drama-nya selain yang saya posting disini.

Berikut hasil yang saya temukan..

Nine, komik yang bisa dibilang karya pertama dari Adachi Sensei ini ternyata ada versi animasi-nya. Film animasi-nya di rilis tahun 1983 sedangkan versi komik yang terdiri dari 5 jilid sudah terbit tahun 80-an awal.

Dari info yang saya dapatkan, film animasi Nine ini ada tiga seri. Apakah cerita di film animasi sama dengan di komik? saya kurang tahu, soalnya saya belum nonton film animasi Nine ini.

 

Miyuki, komik yang dirilis tahun 1980 – 1984 ini ternyata juga ada serial TV animasi-nya, Serial TV animasi-nya sendiri dirilis pada tahun 1983. Cerita di komik Miyuki dibagi menjadi 12 jilid, sedangkan cerita miyuki versi serial animasi ini ada 37 episode.

Di situs imdb, ditampilkan selain serial animasi TV, miyuki juga dibuatkan versi film televisi atau dorama-nya, namun saya belum berhasil menemukan informasi lembih lanjutnya πŸ™‚

 

Jauh sebelum komik ini diterbitkan di Indonesia, Beautiful Sunsihine ternyata sudah dibuat versi serial TV animasi dan animasi spesial-nya.

Serial TV animasi-nya dirilis tahun 1987 sebanyak 48 episode dan ditambah 1 animasi spesial.

 

Touch, di tulisan sebelumnya saya sebutkan Touch di adaptasi jadi versi Live Action, namun ternyata sebelum ada versi Live Action, serial TV animasi dan animasi spesialnya sudah lebih dulu dirilis. Serial TV animasi-nya terdiri dari 101 episode dirilis tahun 1985 – 1987.

Dan selain serial TV animasi, Touch juga dibuat beberapa film animasi spesial.

 

Slow Step, komik ini ternyata ada versi animasinya, dibuat sebanyak 5 episode dan dirilis tahun 1991. Komiknya sendiri yang diterbitkan oleh Elex ada 7 jilid.

Menurut informasi yang saya dapat, serial animasi slow step dibuat dalam versi OVA, yang katanya memang dirlis dalam versi video bukan untuk televisi seperti serial-serial animasi Adachi sebelumnya.

 

H2, sama seperti touch, di tulisan sebelumnya, yang saya tahu hanya ada H2 versi drama live action.

Tapi ternyata selain serial drama live action ada juga serial TV animasi-nya. Serial TV animasi-nya dirilis tahun 1995, tahun yang sama dengan dirilisnya versi drama live action-nya, Cerita TV animasi-nya ada 41 episode.

 

MIX, komik karya terbaru dari Adachi sensei dan masih berjalan ini ternyata sudah ada versi serial animasi-nya. Hasil pencarian saya di internet, serial animasi TV nya ada 24 episode dan statusnya sudah completed. Apakah cerita di animasi dan komiknya berbeda? saya juga tidak tahu karena belum liat versi animasi-nya dan baru membaca komik MIX sampai no 4.. πŸ™‚

 

 

Selain tujuh judul komik yang ada versi animasi-nya, saya juga menemukan informasi bahwa, komik Jinbe juga pernah di adaptasi menjadi serial drama dengan judul yang sama. 11 episode dirilis pada bulan Oktober sampai Desember 1998.

Takako Matsu berperan sebagai Miku dan Tamura Masazaku berperan sebagai “ayah” Jinbe.

 

 

Nah, dengan begini saya kira sudah lengkap,Β  tinggal googling film-film nya. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s