Museum Taman Prasasti…

Lama saya penasaran dengan Museum Taman Prasasti ini, alasannya adalah Novel karya Rizky Ridyasmara yang berjudul the Jacatra Secret, novel ini mengambil tema illuminati di Indonesia, saya ingin me-review-nya disini namun belum sempat. he

Salah satu lokasi yang beberapa kali disebut dalam novel ini selain Kota Tua ya Museum Taman Prasasti ini. Karena itu, pada waktu cuti kemarin saya mengajak isteri untuk jalan-jalan ke sana.

Saya tinggal di Pamulang, dari Pamulang saya berdua dengan isteri berangkat kesana menggunakan kereta menuju Stasiun Tanah Abang, dari Stasiun Tanah Abang, Google Maps menyebutkan lokasi yang kami tuju hanya berjarak kurang dari 30 menit berjalan kaki. Kamipun memutuskan untuk jalan kaki saja menuju kesana.

Sekitar pukul 10 kami sampai di lokasi. setelah membayar tiket per-orang Rp.5000,- kami pun langsung masuk ke Museum. Museum Taman Prasasti dulunya adalah pemakaman umum jadi yang ada disini ya Nisan.

Saya gak punya informasi apapun tentang tempat ini selain dari apa yang saya baca di buku novel Jacatra Secret, jadi seperti seorang polisi yang sedang melakukan olah TKP, berdasarkan petunjuk dari kisah novel tersebut kami memperhatikan satu persatu nisan-nisan tua dengan tulisan yang tidak terlalu jelas untuk menemukan nisan-nisan yang ada dalam cerita tersebut.

Nisan tanpa nama hanya bertuliskan angka HK28 salah satunya, dalam novel diceritakan bahwa makam tersebut besar kemungkinan merupakan makam seorang petinggi perkumpulan freemason, ukiran tengkorak pada nisan itupun menambah misteri tentang siapa yang terkubur didalamnya.

Lalu ada Makam keluarga yang didalam nya terdapat nama Maria Magdalena. Nama yang sering disebut-sebut dalam perkumpulan freemason dalam cerita novel Jacatra Secret. Lalu ada juga makam Rudolf Koehler, seorang Jenderal Belanda yang tewas ditembak sniper kerajaan Aceh. Di Makam Jend Koehler ini terdapat pahatan ular yang membentuk lingkaran yang katanya merupakan salah satu simbol dari kelompok freemason.

Selain tiga makam atau nisan yang punya peran dalam cerita novel Jacatra Secret diatas, sebenarnya ada banyak nisan-nisan makam dari pejabat dan tokoh terkenal VoC, beberapa Gubernur VoC pun di makamkan ditempat ini, lalu ada juga makam isteri Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, Olivia Mariamne Raffless yang meninggal karena wabah malaria yang melanda Batavia pada masa lalu. Bahkan nisan Soe Hok Gie pun ada disini.

Informasi tentang makam atau nisan tokoh-tokoh terkenal yang ada di Museum ini sebernarnya sudah di tempel pintu masuk Museum, namun kami tidak melihatnya waktu itu. Jadi setelah tujuan kami tercapai, kami sempat bingung mau ngapain  lagi.. hahaha. Beruntung ada beberapa siswa yang sepertinya sedang membuat video untuk tugas sekolah dan mereka mewawancarai petugas museum. Kami pun ikut bergabung kesana dan mendengarkan informasi-informasi yang di sampaikan.

Museum (pemakaman) ini ternyata masih dipergunakan sampai tahun 1974. Baru setahun kemudian ditutup lalu dipugar sebagai taman untuk melestarikan nilai sejarah dan seni arsitekturnya. Jadi sudah tidak ada lagi jenazah di lokasi ini, semuanya sudah dipindahkan kebeberapa pemakaman disekitaran Jakarta. Dan lokasi yang dulunya pemakaman umum berubah menjadi sebuah Taman yang menyimpan banyak kisah dan sejarah.

 

 

Iklan

2 pemikiran pada “Museum Taman Prasasti…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s