Seoul & Busan…

Saya mau melanjutkan cerita waktu jalan-jalan ke Korea kemaren, walaupun sudah agak basi karena sudah lama, tapi sesuatu yang dimulai harus diselesaikan. Jadi saya ceritakan secara singkat saja biar lebih cepat. πŸ™‚

Setelah kemaren mengunjungi Istana Changgyeong dan Changdeokgung, besok nya kami jalan-jalan ke perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, untuk kesana kami ikut Tour Panmujeon dan JSA.

Kami mengunjungi 3rd tunnel, Dora Observatory, Imjingak, Dorasan Station dan tentu saja, JSA (Joint Security Area). Melihat dan masuk ke dalam JSA merupakan pengalaman yang menyenangkan, saya sempat “masuk” ke Korea Utara, karena di dalam area JSA terdapat bangunan yang berdiri tepat diperbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Selepas tour dan kembali ke Seoul, kami sempatkan untuk mengujungi Islamic Centre sekaligus untuk sholat Ashar, selepas Ashar kami makan dulu di Ied Resto, kemudian sholat maghrib. Mampir sejenak ke DMZ Plaza lalu kembali ke penginapan.

Hari berikutnya kami menuju Nami Island dan Petite France. Pagi itu Seoul diguyur hujan, bahkan sampai di Nami Island pun hujan beberapa kali turun. Menyebabkan kami tidak maksimal menikmati jalan-jalan di Republik Nami ini karena beberapa kali harus berteduh. Nami Island punya mushalla yang bagus dan restoran Halal, jadi kami merasa aman dan nyaman disana. πŸ™‚

sebelum kembali ke Daejeon kami sempatkan mampir ke Istana untuk mengambil foto, lalu bergegas ke Insadong untuk belanja oleh-oleh. Setelah makan siang kami mampir ke Pusat Pariwisata Seoul untuk Sholat dan istirahat lalu menuju stasiun dan kembali ke Daejeon. Tadinya dari Seoul kami ingin langsung ke Busan, tetapi sepertinya akan sangat melelahkan. Jadi kami putuskan pulang dulu ke Daejeon, istirahat sehari baru lanjut ke Busan keesokan harinya.

Kami menggunakan KTX untuk menuju Busan, perjalanan dengan kereta ke Busan membuat saya teringat film Train to Busan, hehe.. semoga gak ada zombie didalam gerbong kereta ini.

Kami menginap di Sua Guesthouse yang berada Haundae, sengaja kami pilih disini karena dekat dengan Pantai Haundae yang terkenal itu, tidak lebih dari 5 menit berjalan kaki. Jadi jika tidak ada waktu untuk jalan-jalan, kami masih bisa ke pantai.

Busan benar-benar membuat kami mejadi sehat. Tempat-tempat wisata yang kami kunjungi mengharuskan kami untuk berjalan kaki yang cukup jauh serta naik turun bukit. Hari pertama kami sampai di Busan setelah meletakan barang-barang di penginapan kami langsung menuju Kuil Haedong Yonggungsa. Kuil ini berada di tebing, perjalanan menuju kuil ini dari pemberhentian bus terakhir cukup melelahkan. Haha

Pulang dari kuil kami mampir menikmati suasana malam yang ramai di BIFF dan lanjut ke Busan Tower untuk melihat pemandangan Busan di malam hari dari ketinggian sekitar 120m. Ada kejadian lucu di Busan Tower ini, Busan Tower lokasinya ada di Yongdusan Park. Sebenarnya untuk menuju ke taman ini sudah disediakan elevator, namun kami baru mengetahui nya setelah pulang dari sana. Haha. “Tau gitu tadi gak capek jalan nanjak”

Hari kedua di Busan kami mengunjungi Taejongdae. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi di sini. Jangan coba jalan kaki, jauh banget. hahaha. Naek kereta mini aja masih capek rasanya, karena dari tempat pemberhentiannya masih harus jalan lagi. Bener-bener wisata sehat. haha

Dari Taejongdae kami menuju Gamcheon Village, desa kumuh yang disulap menjadi tempat pariwisata menarik penuh warna-warni. Perjalanan menuju tempat ini pun tetap di isi dengan jalan kaki yang cukup melelahkan karena jalannya menanjak. Sebenarnya ada bis yang lewat Gamcheon tapi kami tidak tahu, lagi-lagi taunya pas mau pulang.

Disini saya gak banyak foto-foto soale asyik mencari cap di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan, itupun tidak berhasil semua karena keburu sore dan beberapa tempat sudah tutup. πŸ™‚

Dari Gamcheon malamnya kami menikmati pantai Haeundae, malam hari pantai ini sangat atraktif dengan berbagai atraksi yang ditampilkan sepanjang pantai, ada sulap, live music, dll.

Hari terakhir di Busan kami sempatkan lagi ke pantai, kemudian menengok Busan Aquarium, jalan-jalan sebentar di sekitaran Haeundae lalu kembali ke Daejeon.

Hari-hari berikutnya kami habiskan di Daejeon sampai akhirnya saya harus pulang ke Indonesia. Dua minggu tetap berasa kurang di Korea kemarin, masih banyak tempat-tempat yang ingin di kunjungi namun urung terlaksana. Moga-moga diberi kesempatan lagi untuk kesana ya.. Aamiiiiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s