Selat Solo…

bilangnya mau post pas bulan puasa kemaren, ini syawal udah mau habis belum terealisasi juga.. haha
dasar manusia..

Buat bayar utang nih, he. Saya mau cerita soal makanan yang jadi salah satu favorit saya, namanya Selat Solo. Sesuai namanya makanan ini menjadi khas di Solo Raya. Tapi bagaimana ceritanya hingga makanan ini bisa menjadi makanan khas kota Solo? ini yang masih belum saya temukan jawabannya. Sama halnya kalau kita tanya kenapa namanya “Selat”, jawaban orang pada umumnya akan mengatakan Selat diambil dari Salad.

Kita tau Salad itu makanan orang bule yang isinya cuman sayur-sayur trus dikasih saos mayones. Untuk sayur dan saos mayonesnya mungkin mirip, tapi salad kan sayurnya mentah, sedangkan selat sayurnya di rebus. Tambah lagi selat ada kuah dan dagingnya. Jauh sekali dari salad kan ?.

Kayaknya bakalan panjang kalau kita ngomongin asal-usul selat ya, biar lain kali aja kita bahas lagi, he
sekarang kita daftar dimana tempat makan selat yang enak dan pernah saya cicipin..

1. Selat Vien’s
Di warung inilah saya pertama kali berkenalan dengan selat, sekitar tahun 2009-an lah. Tapi ketika pertama kali kesini saya justru pesennya gado-gado. he. soale yang ngajak ke Vien’s ini gak ngomong apa-apa soal selat solo, dan saya gak mau ambil resiko pesen makanan yang saya tidak tahu. Begitu pesenan datang, kok keliatannya enak, langsung deh saya tukar.. hahaha

2. RM Kusuma Sari
Ini baru saya coba sekitar akhir tahun lalu, gara-garanya pengen makan es-krim, dan gak tau kalau ternyata ada selat nya juga, jadinya saya pesan dua-duanya ๐Ÿ™‚ . Setelah dari sana baru tau kalau RM Kusuma Sari ternyata terkenal, pantesanย tempatnya ramai. Tempat ini cocok buat acara makan-makan keluarga. Lokasinya ada di pusat kota dan menu nya lengkap banget, gak cuman ada Es krim dan Selat, tapi ada ayam goreng dan aneka menu makanan lain yang cocok untuk satu keluarga dengan selera makan berbeda-beda.

3. Selat Solo mbak Lies
Tempat nya sedikit agak jauh dari pusat kota, tapi jangan salah, namanya sudah terkenal sampai kemana-mana, makanya saya bela-belain kesana waktu cuti beberapa bulan lalu. Menu makanan yang disajikan di tempat ini ya cuman selat, kalaupun ada variasi hanya dagingnya yang beda.. atau apa gitu, saya agak-agak lupa ๐Ÿ™‚ . Tempatnya menarik, banyak pernak-pernik keramik, kemudian foto-foto orang terkenal yang pernah berkunjung kesana di pajang di dinding dengan bingkai warna-warni, dan pelayannya pake baju ala Belanda lho, unik kan? he

Sayangnya saya gak sempat foto-foto makanan dan tempatnya, maklum pas kemaren gak kepikiran buat di posting di blog, makan ya makan aja, he. Tapi coba aja temen-temen googling, kayaknya banyak deh review-review soal selat di tiga tempat yang saya tulis ini. Atau ada tempat lain yang direkomendasikan? jadi ntar pas pulang Solo bisa tak cobain.. he

Nah itu kalau di Solo, tempat lain gimana ?? di Tangsel ada! he. Saya dan istri sekarang memang tinggal di Tangsel, tepatnya di Pamulang. Untuk urusan kuliner daerah Tangsel saya bisa bilang cukup lengkap, namun tetep kadang ya masih ada aja yang kurang, kayak ini nih, pas lagi kepengen makan selat solo.

Tapi berkat bantuan teknologi canggih, secara tidak sengaja saya menemukan tempat makan yang menyediakan Selat Solo dalam menunya dan tempatnya tidak jauh dari Pamulang. Nama resto nya Dapur Solo, dari nama aja udah jelas la ya, gak perlu dipertanyakan lagi.. haha

Saya gak bahas yang laen, takut dikira promosi, pokoknya di Dapur Solo ada Selat, dan enak.. itu aja, harganya gimana? harganya kalau menurut saya pas, cukup terjangkau. Dari pada harus pulang ke Solo.. hayoo? he. Dan untuk kali ini saya sempatkan untuk mengambil foto selat-nya Dapur Solo. ๐Ÿ™‚

Sebenarnya ada satu lagi tempat makan yang di menu nya menyajikan selat solo, di Vila Dago, Pamulang ada tempat makan namanya Bakmi Djowo. Tapi beberapa kali saya kesana mau pesen selat, selalu tidak tersedia. Gak tau memang sudah habis atau memang gak bikin lagi tapi lupa menghapus daftar di menu nya. he

Nah, itulah cerita saya tentang Selat Solo, sudah pernah coba? baru denger? atau makanan favorit-nya juga?

