Benteng Vastenburg…

Saya agak sedikit heran ketika googling tempat-tempat wisata di Kota Solo. Dari beberapa website ataupun blog yang saya temukan dan memberikan informasi tentang wisata Solo, tidak satupun yang mencantumkan Benteng Vastenburg sebagai salah satu tempat wisata. Apakah Benteng Vastenburg kalah tenar dibandingkan dengan pasar Klewer (yang sekarang sedang dibangun kembali setelah kebakaran beberapa waktu lalu) atau mall-mall yang megah itu.
Rasa heran itu bertambah ketika beberapa orang yang saya kenal dan tinggal di Solo tidak tau persis dimana keberadaan benteng ini, bahkan isteri saya sendiri tidak tahu dimana letaknya benteng ini, jadi hanya tau nama tapi tidak tahu persis dimana lokasinya.

20160905_094629

Setiap ke Solo saya memang selalu melewatkan kesempatan untuk mengunjungi benteng Vastenberg, sampai kemarin (4 September 2016 yang lalu) saya dan istri menghadiri undangan resepsi seorang sahabat di Klaten, kami berniat menuntaskan rasa penasaran terhadap Vastenburg dan menyempatkan untuk mencari benteng ini setelah pulang dari acara resepsi.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi saya membayangkan benteng Vastenburg ini sama seperti Benteng Vredeburg di kota tetangga Yogjakarta. Namun apa yang saya bayangkan itu ternyata sangat berbeda dengan apa yang saya lihat. he

20160905_094552

gedung Bukopin ada di sebelah kiri…

Benteng Vastenburg ternyata berada di pusat kota, lokasinya tidak terlalu jauh dari Kraton Surakarta, tepatnya ada di seberang PGS (Pasar Grosir Solo), bersembunyi di belakang gedung Bank Bukopin yang berdiri gagah di halaman benteng. Sebenarnya kami sering melintasi jalan ini, namun kami sama sekali tidak sadar kalau disitu ada bangungan bersejarah peninggalan Belanda, Benteng Vastenburg.

Ketika kami sampai dilokasi dan memakirkan motor di area depan Benteng yang memang dijadikan lahan parkir umum. Ada beberapa orang yang sepertinya baru saja berkunjung dari benteng, namun sepertinya ada raut kecewa sekaligus bingung. Dan akhirnya kami tau alasannya. Benteng Vastenburg ini terkunci, kita hanya bisa melihat dari luar. Itu saja, tidak ada lagi yang bisa dilakukan disini.

Kami hanya mondar-mandir di depan gerbang benteng yang terkunci sambil sesekali mengambil foto. Kurang lebih setengah jam akhirnya kami putuskan untuk pindah lokasi, karena kami bingung mau ngapain lagi.. he

20160905_094429

20160905_094406 20160905_094740

Dari kondisi ini bisa saya maklumi kenapa Benteng ini tidak masuk ke dalam daftar objek wisata di Solo. Sangat disayangkan sekali, tempat bersejarah ini tidak dirawat dan seperti luput dari perhatian  pemerintah (walaupun kondisi benteng sudah lebih baik jika dibandingkan dengan foto-foto yang sempat saya lihat di google). Harapan kedepan semoga pemerintah terkait bisa memaksimalkan keberadaan bangunan bersejarah ini sehingga bisa bermanfaat sebagai tempat belajar maupun objek wisata.

 

2 pemikiran pada “Benteng Vastenburg…

Tinggalkan Balasan

