Klise Film Jadi Foto Digital

Waktu belum ada kamera dijital kita kalau foto-foto masih pakai kamera film ya. Nah, secara tidak sengaja waktu saya iseng liat-liat video di youtube, ada sebuah video yang menampilkan bagaimana kita mengubah film negatif jadi foto dijital. Bukan video baru sih sebenarnya, dan sudah banyak juga ternyata blog yang menuliskan cara ini. Tapi gak apa kan kalau saya juga ikutan share. ūüôā

Saya putar beberapa video sejenis lalu kemudian saya kumpulan negatif film dari foto-foto saya dulu yang belum sempat dicetak karena tidak punya uang untuk nyetak foto (soale mahal, hahaha). Dan langsung saya praktikkan cara yang menurut saya paling mudah.

Ada dua cara untuk mengubah klise film ke foto dijital di video youtube yang saya lihat. Yang pertama dengan menggunakan scanner dan yang kedua dengan kamera. Saya mengikuti cara yang kedua karena saya tidak punya scanner, terlebih lagi scanner yang digunakan khusus untuk film negatif.

Cara yang kedua itu dengan menggunakan kamera dijital, jadi klise film itu kita foto lagi.Klise film-nya kita foto diatas lampu atau cahaya terang. Saya menggunakan tablet yang sudah saya install aplikasi lampu sehingga layarnya memancarkan sinar seperti lampu. Beberapa hasil foto-foto negatif film saya ada dibawah ini.
DSCN4698 DSCN4777 DSCN4773

Setelah itu proses selanjutnya adalah menggunakan software pengolah foto paling populer, apalagi kalau bukan Adobe Photoshop. he.

Buka file hasil foto yang ingin kita ubah di Photoshop, lalu pilih menu Image > Adjusment > Invert

Hasil dari proses pertama ini sebenarnya sudah memperlihatkan hasil yang lumayan, negatif film kita sudah terlihat bagus dan berwarna.


N
amun jika dirasa masih kurang puas, kita tinggal mengeditnya kembali dengan memainkan Levels, Brightness/Contrast dan Color Balance sampai foto nya sesuai dengan keinginan kita.

Langkah terakhir tinggal kita crop dan klise negatif tadi sudah jadi foto dijital. Kasih nama dan save, kalau ingin dicetak tinggal print atau pergi ke tempat cetak foto (sekarang cetak foto lebih murah, he)

Hampir semua klise yang saya punya saya ubah jadi dijital, soalnya takut makin lama disimpen klise-klise nya jadi pada rusak. Sayang banget kan kalau sampai rusak, kenangan masa lalu bisa ikut hilang. he

Tinggalkan Balasan

