Klise Film Jadi Foto Digital

Sebelum ada kamera dijital seperti sekarang, untuk keperluan dokumentasi apapun kita pasti memakai  kamera analog yang menggunakan film dalam bentuk roll. Setelah selesai berfoto-foto, negatif film atau biasa kita bilang klise tersebut dibawa ke studio foto untuk di cetak menjadi lembaran-lembaran foto.

Nah, secara tidak sengaja ketika sedang jalan-jalan di youtube, ada sebuah video yang menunjukan cara untuk mengubah negatif film atau klise jadi foto dijital. Bukan video baru sih sebenarnya, dan ketika saya googling, ternyata sudah banyak blog yang menuliskan tutorial ini. Tapi gak apa kan kalau saya juga ikutan share. 🙂

Saya mencari dan memutar beberapa video sejenis untuk memastikan cara membuatnya, lalu kemudian saya kumpulan klise film dari foto-foto saya dulu yang belum sempat dicetak karena tidak punya uang untuk nyetak foto (soale mahal, hahaha). Dan langsung saya praktikkan cara yang menurut saya paling mudah.

Dari beberapa video di Youtube saya bisa ambil kesimpulan kalau untuk mengubah klise film ke foto dijital ini umumnya ada dua cara, yang pertama dengan menggunakan scanner dan yang kedua dengan kamera dijital. Dan saya mengikuti cara yang kedua karena saya tidak punya scanner, scanner biasa aja gak punya apalagi scanner khusus untuk film negatif.

Karna saya memilih cara kedua, maka saya memerlukan sebuah kamera dijital untuk mengubah klise film kita menjadi foto dijital. Teman-teman juga boleh menggunakan kamera handphone, Yang pasti diusahakan kamera kita punya pixel besar atau kualitas yang bagus. Karena klise atau negatif film itu akan kita foto lagi dengan menggunakan kamera dijital.

Letakan klise film tersebut diatas lampu atau cahaya terang, kemudian kita foto menggunakan kamera, usahakan foto yang dihasilkan lurus. Disini saya menggunakan phone tablet yang sudah saya install aplikasi lampu sehingga layarnya memancarkan sinar seperti lampu.

Dibawah ini beberapa hasil dari foto negatif atau klise film yang saya foto ulang dengan kamera dijital.
DSCN4698 DSCN4777 DSCN4773

 

 

 

Setelah itu, proses selanjutnya adalah menggunakan software pengolah foto paling populer, apalagi kalau bukan Adobe Photoshop. 🙂

Buka file hasil foto yang ingin kita ubah di Photoshop,
lalu pilih menu Image > Adjusment > Invert

Hasil dari proses pertama ini sebenarnya sudah memperlihatkan hasil yang lumayan, negatif film kita sudah terlihat bagus dan berwarna.

Namun jika dirasa masih kurang puas, kita tinggal mengeditnya kembali dengan memainkan Levels, Brightness/Contrast dan Color Balance, atau apapun fasilitas yang ada di photoshop sampai foto nya sesuai dengan keinginan kita.

Langkah terakhir tinggal kita crop dan klise negatif tadi sudah jadi foto dijital. Kasih nama dan save, kalau ingin dicetak tinggal print atau pergi ke tempat cetak foto (sekarang cetak foto lebih murah, he)

Hampir semua klise yang saya punya saya ubah jadi dijital, soalnya takut makin lama disimpen klise-klise nya jadi pada rusak. Sayang banget kan kalau sampai rusak, kenangan masa lalu bisa ikut hilang. he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s