Air Terjun Tenang (Bedegung)…

Hampir setahun setelah jalan-jalan kami ke Lubuk Linggau dan Curup, akhirnya kami berkesempatan untuk menikmati lagi salah satu objek wisata  yang ada di Sumatera Selatan. Tidak mudah memang bagi seorang karyawan seperti saya dan teman-teman untuk berlibur apalagi keluar kota. Jadi ketika dilihat ada kesempatan, tanpa pikir panjang langsung disusun rencana.

Sebelum masuk bulan puasa kami memang berencana untuk jalan-jalan dan setelah mencari-cari info di internet, akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Air terjun Bedegung di Kab.Muaraenim.

Kami berempat berangkat dari lokasi kami bekerja dan tinggal di Dusun Supat, Kab. Musi Banyuasin hari Sabtu pagi tanggal 4 Juni. Setelah persiapan ala kadarnya, melihat jalur yang akan dilewati melalui google maps dan memori di otak yang mulai kabur, membeli perbekalan dan mengisi bahan bakar. Tepat pukul 09.00 pagi kami meninggalkan kota Sekayu melintasi jalan alternatif menuju Simpang Belimbing.

sky-blb

kondisi sebagian jalan yang rusak ditambah nyasar membuat waktu tempuh kami lebih lama dari yang tertulis di gmaps… hahaha

Kurang lebih 4 jam perjalanan dan diselingin dengan “nyasar” sedikit kami akhirnya sampai di Simpang Belimbing, dari sini perjalanan dilanjutkan melintasi Jalan Lintas Sumatera menuju Muaraenim. Dari SImpang Belimbing menuju Kota Muaraenim kurang lebih memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Kami sampai di Kota Muaraenim sekitar pukul 2 siang, setelah makan siang dan mencari informasi jalan menuju Lokasi Wisata, akhirnya kami putuskan untuk beristirahat hari ini dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Kami tidak mau kejadian di Pemandian Air Panas Suban terulang kembali, terlalu sore ketika sampai di lokasi yang dituju sehingga kami tidak dapat menikmati objek wisata dengan maksimal. Setelah makan siang kami putuskan untuk mencari penginapan dan beristirahat.

Ada banyak penginapan di kota ini, jika ingin hotel berbintang kawan bisa mencoba Grand Zuri. Tapi tidak untuk kami, penginapan biasa pun cukup asal nyaman untuk kami tidur dan memulihkan tenaga agar bisa melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Kota Muaraenim cukup ramai, tapi kami tidak kemana-mana malam itu, setelah makan malam kami kembali ke penginapan. Karena memang tidak ada yang bisa dikerjakan di malam hari di kota ini. Seorang teman yang tinggal di kota ini mengatakan tidak ada objek wisata di tengah kota ataupun tempat keramaian untuk sekedar menikmati malam di Muaraenim. Tempat paling ramai mungkin di pasar dekat lokasi kami menginap malam ini.

Keesokan harinya setelah sarapan kami segera mengemasi barang-barang dan melanjutkan perjalanan menujur Bedegung, tempat di mana tujuan perjalanan kami berada.

Menurut informasi yang kami kumpulkan dari bermacam sumber di internet melalui mbah google, nama Air Terjun atau curup ini adalah Curup Tenang, namun kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan nama Curup Bedegung, karena lokasi nya berada di Desa Bedegung.

Kami tertarik kesini karena dikatakan air terjun ini punya tinggi hampir 100m dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Tentu saja hal itu membuat kami sangat penasaran.

Perjalanan menuju Desa Bedegung dari Kota Muaraenim memakan waktu kurang lebih 1,5 jam kearah Baturaja dengan kondisi jalan yang cukup bagus.

Setelah melewati gapura Selamat Datang (sayang tidak sempat difoto) kami memasuki jalan Desa, dan sedikit kebingungan karena tidak ada petunjuk jalan menuju lokasi wisata. Untungnya warga setempat dengan ramah memberikan arahan untuk menuju ke lokasi yang kami tuju.

Sekitar pukul 9 pagi kami sampai di lokasi. Sepertinya pemerintah sudah banyak merombak tempat ini dan menjadikan nya benar-benar objek wisata dengan fasilitas yang cukup memadai seperti Lokasi parkir yang luas, mushalla dan kamar kecil.

Beberapa blog menceritakan bahwa kita harus berjalan kurang lebih satu jam untuk menunju ke Air Terjun, namun ketika kami sampai disana, tidak lebih 10 menit dari lokasi parkir kami sudah sampai di Air Terjun.

Pemerintah setempat sepertinya sudah memindahkan lokasi parkir kendaraan agar lebih dekat dengan objek wisata, selain itu dari tempat parkit menuju objek wisata sudah dibikinkan jalan dan tangga yang memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi.

Dan inilah Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung itu, benar-benar mengagumkan.

20160605_110429 copy

20160605_110036 copy

Kawan-kawan bisa mendekat bahkan menceburkan diri di sungai dan air terjun. Di tepi sungai ada warung-warung yang selain menjual makanan ringan dan minuman juga menyediakan celana pendek untuk disewa pengunjung yang ingin berbasah ria namun tidak membawa pakaian ganti. Kamar mandi bilas juga tersedia disisi lain sungai.

20160605_104518 copy

wajib basah… haha

20160605_102420 copy

Setelah puas menikmati pemandangan dan semburan air terjun kami memutuskan untuk pulang. Setelah mengganti pakaian kami kembali segera kembali ke kota Muaraenim namun sebelumnya tidak lupa kami mampir di warung warga Desa setempat untuk membeli kopi. Sepertinya warga Desa Bedegung kebanyakan adalah petani kopi, karena sepanjang jalan desa menuju air terjun kami melihat banyak biji-biji kopi yang sedang di jemur, bahkan ada yang sengaja diletakan di jalan agar dilindas oleh kendaraan yang lewat, katanya agar lebih mudah mengupas kulit dari biji kopi tersebut.

Setelah makan siang di kota Muaraenim, kami melanjutkan perjalanan kembali melalui rute yang sama menuju Simpang Belimbing dan lanjut ke Sekayu, kurang lebih pukul 9 malam kami sampai di kota Sekayu.

Ditengah perjalanan kami melihat sebuah tulisan Desa Wisata Bumi Ayu, di desa itu menurut informasi ada kompleks Candi. Dan kami putuskan itu adalah tujuan jalan-jalan kami selanjutnya. he

……

curup tenang...

curup tenang…

mejeng dulu di jembatan..he

mejeng lagi, (kali ini di tangga) he

pulang...

pulang…

parkiran

2 pemikiran pada “Air Terjun Tenang (Bedegung)…

1. Aku udah berapa kali ke sini, gak pernah bosen😉 terakhir kali nyobain arung jeramnya (di sungai di dekat area parkir itu loh) serunya bukan maiiiinnnn