Mengurus Kartu Identitas…

Seperti postingan saya sebelumnya di sini, yang karena keteledoran dan kelalaian saya membuat semua rencana jadi gagal total.

Rencana melancong ke Baluran pun sepertinya harus ditunda sampai usai Hari Raya besok.

Aktivitas saya setelah kehilangan dompet tersebut akhirnya penuh dengan mengantri. Ya, setelah malam kejadian saya menghubungi Bank untuk memblokir kartu ATM saya, yang dilanjutkan dengan mendatangi polsek untuk membuat surat Kehilangan.

Keesokan harinya saya mendatangi Kelurahan tempat saya tinggal untuk membuat surat permohonan penggantian KTP, dari sana saya langsung ke Kantor Catatan Sipil untuk mengurus KTP. Saya kira proses nya cepat atau langsung jadi, ternyata saya harus menunggu 3 hari untuk mendapatkan KTP pengganti tersebut.

Selesai mengurus KTP, saya mampir ke Poltabes untuk menanyakan persyaratan mengganti SIM yang hilang. Mereka mengatakan prosesnya sama dengan perpanjangan SIM, tapi kita harus ada fotocopy SIM yang lama, atau minimal ingat no SIM kita. Jika tidak ada keduanya berarti membuat baru. Karena saya tidak ada akhirnya saya buat baru, tapi SIM saya urus keesokan harinya, karena sudah terlalu siang.

Pagi-pagi datang, mengurus surat kesehatan, lampirkan dengan surat keterangan kehilangan dan fotocopy KTP (untung masih nyimpen). SIM langsung diurus, tes-tes-tes.. foto, selesai, sehari (seharian asal gak rame) jadi.

Besok nya lagi, waktunya untuk mengambil KTP, setelah menunggu agak lama, karena banyak yang antri, saya pun akhirnya punya KTP lagi, walaupun bukan eKTP, tapi mirip KTP jaman dulu.

Lepas dari ngambil KTP, saya ke Kantor Pajak untuk minta penggantian kartu NPWP. Dengan surat keterangan kehilangan dan formulir permohonan penggantian kartu, tidak sampai satu jam, kartu NPWP baru saya sudah jadi.

yah, begitulah aktivitas 3 hari setelah kehilangan dompet. sibuk mondar-mandir ke bermacam instansi dan ngantri. he

Setelah semua kartu saya kembali, langkah pertama adalah, mem-fotocopy dan men-scan semua kartu-kartu saya, untuk jaga-jaga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

