Kitab Epos Nusantara…

Buku terbitan Araska Publisher karya Bagoes Joemadi ini sebenarnya belum selesai saya baca, baru selesai setengahnya. Buku ini saya beli di Gramedia ketika libur cuti bulan lalu.

Foto0721Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi tentang beberapa epos atau legena kepahlawanan yang ada di Nusantara, bisa dilihat dari cover nya, ada beberapa kisah yang diceritakan disini. Antara lain, Mahabarata, Ramayana, Hang Tuah, Panji Semiring, La Galigo, Pocut Muhammad, Jowarsah, dan si Pitung.

Secara ringkas buku ini menjelaskan pendahuluan, sejarah, kemudian kontroversi dan bermacam versi cerita, lalu ditutup dengan cerita singkat dari kisah-kisah yang sudah disebut diatas.

Sangat menarik walaupun penulis bilang, selain delapan kisah epos ini, sebenarnya masih banyak lagi cerita tentang kepahlawanan yang ada di Nusantara, mungkin beratus-ratus cerita. Namun penulis membatasi hanya delapan kisah saja yang dianggap paling dikenal oleh masyarakat.

Dan tujuan daripada buku ini agar masyarakat terutama generasi muda tidak lupa dan mengenal beberapa cerita tentang kepahlawanan yang ada di Nusantara yang makin lama semakin terlupakan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s