Sejarah Runtuhnya Kerajaan-kerajaan di Nusantara…

Baca cerita sejarah atau buku sejarah memang menarik sekaligus memusingkan, apalagi sejarah kerajaan-kerajaan masa lalu yang pernah ada di Indonesia. Saya pribadi bisa dipastikan tidak akan pernah hapal siapa saja raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Pasai, Majapahit, Sriwijaya, atau kerajaan besar lain nya. Hahaha

Buku ini berjudul Sejarah Runtuhnya Kerajaan-Kerajaan di Nusantara. Apakah ratusan kerajaan yang pernah ada di bumi Nusantara diceritakan semua dalam buku karya Krisna Bayu Adji terbitan Araska Publisher ini? Tidak semua, Krisna Bayu Adji hanya menceritakan kisah runtuhnya 30 kerajaan besar dan memberikan daftar nama sekitar 600an kerajaan kecil lainnya yang dulunya menjadi bagian dari 30 kerajaan besar tersebut.

IMG_20150312_121249 copyBuku yang menarik tentunya, apalagi buat teman-teman yang hobi dengan kisah-kisah sejarah kerajaan Indonesia.

Bukan untuk membongkar aib sejarah, tetapi untuk meningkatkan pengetahuan masa silam. Sebuah kalimat yang tertulis pada kata pengantar.

Buku ini memang bertujuan seperti itu, seperti kita tahu, runtuhnya kerajaan-kerajaan di Nusantara secara garis besar dikarenakan dua hal, pertama karena serangan dari luar (Portugis, Belanda dll) dan kedua serangan dari dalam (Pemberontakan, Perebutan kekuasaan dan semacamnya).

Hal ini yang harus diperhatikan, walaupun sekarang kerajaan-kerajaan tersebut telah runtuh dan bersatu menjadi sebuah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun ancaman-ancaman tersebut akan tetap sama, serangan dari luar dan serangan dari dalam.

Buku ini hadir untuk menyadarkan dan mengingatkan kita, akan kejayaan sekaligus kesalahan masa lalu agar kita belajar. Belajar dari masa lalu, belajar dari sejarah bagaimana dulu kita berjaya dan runtuh.

Negara Kesatuan Republik Indonesia, jika diibaratkan sebuah kerajaan. Maka kita wajib waspada, Karena sejarah telah membuktikan sekuat apapun armada laut Sriwijaya, seluas apapun wilayah kekuasaan Majapahit, mereka akhirnya pun runtuh karena saling berebut tahta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s