Jakarta Pusat (iv)… kuliner santai, selesai..

Sebelum melangkah lebih jauh di tahun baru ini, saya harus menyelesaikan cerita yang belum selesai. Ya kisah wisata satu hari di Pusat Ibu Kota Jakarta pada bulan September 2014 yang lalu.

September 2014.

Selepas sholat jumat dan suasana masjid sudah tidak terlalu ramai, akhirnya kami putuskan untuk keluar dari masjid dan mencari makan. Sahabat ku mengajak untuk makan siang soto yang tidak terlalu jauh dari masjid, saya lupa nama daerahnya. Tapi menurut beliau, warung soto itu sudah ada sejak lama, dan rasanya enak. Ya sebagai pendatang saya nurut aja. haha

Keluar dari masjid, kami melewati jembatan penyeberangan di depan stasiun Juanda. Lalu masuk ke jalan disebelah nya. Disitu lah letak warung soto-nya. Bagaimana rasanya ? menurut saya Enak.

Selesai makan soto dan berbincang-bincang sejenak, sahabat ku kembali menawarkan untuk pindah tempat dengan alibi “Hari Jumat tu waktunya Wisata Kuliner bro”.  Segeralah kami beranjak dari bangku tempat duduk untuk melanjutkan “wisata”.

Tempat yang kami tuju setelah makan soto adalah sebuah warung es-krim yang katanya terkenal dan pernah masuk tv di acara wisata kuliner nya pak Bondan Winarno., namanya Ragusa. Sahabat ku mengatakan bahwa warung itu selalu ramai setiap dia lewat, namun belum ada kesempatan untuk singgah. Dan sekarang adalah waktunya tepat.

Begitu sampai di Ragusa, kami jalan kaki lagi dari warung soto ke Ragusa, saya langsung teringat dengan kedai Es Krim sejenis seperti Oen di Malang dan Tip-Top di Jogjakarta.  Sama-sama memakai embel-embel Italia dan mengaku membuat es krim nya sendiri. Bagaimana dengan rasanya ? seperti nya hampir mirip, hehe.

Sayangnya disini baterai hp saya sudah lemah, bagaimana tidak, sejak pagi sampai di gambir sampai siang ini hp saya dipaksa untuk on terus mencari informasi, foto dan lain sebagainya, sehingga saya tidak bisa mengabadikan kedai eskrim Ragusa dan menu yang saya pesan.

Selesai dari sini, kami mulai kebingungan, “mau kemana lagi ?”. Sebenarnya saya ingin mengajak sahabat saya mengunjungi pameran yang ada di monas, yang ketika saya datang tadi pagi masih belum buka. Namun beliau bukan seorang “pengangguran” seperti saya. Ada kewajiban yang harus diselesaikan, sehingga dia mengusulkan untuk menghabiskan waktu di kantornya saja, sehingga dia bisa bekerja dan kita tetap bisa berbincang-bincang.

Dan akhirnya kami melanjutkan perjalanan, masih dengan berjalan kaki, dari kedai es krim Ragusa ke Gambir, karena kantor nya kebetulan berada di depan stasiun kereta Gambir. Hal ini juga lah yang membuat saya menyetujui usulannya, saya pun tidak susah dan tidak terlalu jauh menuju stasiun untuk melanjutkan perjalanan.

Waktu berlalu, saya benar-benar menghabiskan waktu siang hingga sore di kantor sahabat ku itu. Selepas maghrib saya berpamitan, karena nyonya besar sudah tiba di stasiun dan saya harus segera menghampirinya sekaligus bersiap melanjutkan perjalanan ke Solo, Jawa Tengah.

Hari yang melelahkan namun menyenangkan, ternyata Ibu Kota Jakarta punya tempat wisata murah-meriah dan mudah dijangkau, bahkan dengan jalan kaki dan dengan waktu yang singkat.🙂

 

2 pemikiran pada “Jakarta Pusat (iv)… kuliner santai, selesai..

Tinggalkan Balasan

