Jakarta Pusat (ii)…Museum Gajah

26 september 2014

Akhirnya saya beranjak dari tempat duduk dan bergabung dengan orang-orang yang sedang lari pagi mengelilingi tugu Monas, tapi saya tidak ikut berlari tapi cukup jalan saja, cuman saya salah mengambil rute. Jadi saya berjalan santai berlawanan arah dengan mereka yang asik lari pagi. hahaha. Agak aneh jadi rasanya.

Setelah mungkin satu putaran penuh, saya kembali melirik jam di hp, pukul delapan kurang sedikit. hmmm… mungkin sudah saatnya menepi, mencari tempat yang agak teduh mungkin sambil menunggu Monas buka untuk dikunjungi. Sudah jam delapan pas nih, tapi sepertinya belum ada tanda-tanda Monas membuka diri untuk para pelancong. Akhirnya saya coba lagi bertanya kepada mbah google dan sepertinya untuk hari jumat Monas buka jam 08.30, berarti saya harus menunggu setengah jam lagi. wah.. susah kalau begini, sayang rasanya menghabiskan waktu setengah jam hanya duduk-duduk disini.

Tampaknya rencana harus diubah, yang tadinya Monas, Istiqlal, kemudian museum gajah mungkin sebaiknya saya ke Museum Gajah terlebih dahulu, kemudian sholat jumat di Istiqlal baru kembali ke monas. Ok, fix.. sebaiknya memang ke Museum Gajah terlebih dahulu. Menurut peta di hp saya, perjalanan dari tempat saya duduk ke Museum gajah sekitar 15 menit. Berangkat..

Sebenarnya Museum Gajah dan Monas ini memang dekat, jika saja semua pintu monas dibuka maka kita cukup menyebrang dan tidak perlu memutar. Sayang kemaren saya tidak sempat mengambil screen shot jalur dari google maps nya untuk menunjukan jalan yang saya lewati.

Cukup menyenangkan berjalan menuju Museum Gajah dari Monas, mungkin karena masih pagi, sehingga cuaca tidak terlalu panas. Sesampainya disana, saya agak kaget juga melihat bangunan museum nya, rapi dan megah, tidak tampak sepertinya museum yang pernah saya kunjungi sebelumnya.
IMG_20140926_083326IMG_20140926_083117

 

Pagi itu suasana museum cukup ramai, tampaknya sedang ada kunjungan dari beberapa sekolah. Membayar tiket sebesar Rp.5000,- kemudian menitipkan tas dan saya pun bebas melihat-lihat koleksi yang terdapat di museum ini.

Bangunan utama museum ini cukup luas, dibagi menjadi beberapa bagian untuk memisahkan koleksi-koleksi nya, antara lain koleksi purbakala, keramik, numismatik, serta adat dan budaya. Selain itu ada bangunan baru 3 lantai disebelahnya, disana juga ada banyak koleksi yang menarik, sepertinya teman-teman harus melihatnya sendiri.

IMG_20140926_084449IMG_20140926_084601Cukup lama saya berada disana, dan belum semua bagian saya kunjungi namun waktu sudah menunjukan pukul 10, dan perjalanan harus segera dilanjutkan. Ya, 20 menit perjalanan menuju masjid Istiqlal untuk sholat jumat dan bertemu seorang sahabat disana..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s