Jakarta Pusat (i)… Monas

26 September 2014

Menjelang pagi, kira-kira jam 5.20 WIB, Bus Damri yang saya tumpangi dari Stasiun Tanjung Karang, Lampung sampai di stasiun Gambir Jakarta. Perjalanan akan dilanjutkan malam hari sekitar jam setengah sembilan menuju Solo dengan menumpang kereta Taksaka. Itu berarti saya punya waktu bebas seharian ini. Segera otak ini berputar menyusun rencana yang mungkin terlaksana dari pagi sampai nanti tiba waktunya melanjutkan perjalanan ke Solo.

Sepintas tadi saya melihat ada bendera dengan rapi berbaris di pintu masuk Monas ketika bus yang saya tumpangi melewatinya sebelum masuk ke stasiun Gambir. Sepertinya tidak ada salahnya jika pagi ini kita bersantai dulu melihat tugu Monas, lagi pula saya memang belum pernah ke Monas, he.

Segera setelah sholat subuh dan sarapan seadanya, saya berjalan keluar dari stasiun gambir dan masuk ke kawasan Monas lewat pintu Timur (kalau tidak salah). Ini hari jumat, dan ternyata sepagi ini kawasan Monas sudah ramai oleh masyarakat maupun instansi yang sibuk lari pagi, bahkan ada yang sepertinya memang mengkhususkan diri untuk melatih fisik para anggotanya.

IMG_20140926_074134Sepertinya akan ada acara di Monas ini, terlihat ada panggung dan kru sedang melakukan cek sound. saya mengambil tempat yang cukup teduh untuk duduk dan menonton para kru melakukan cek sound sekaligus menikmati Monas. Waktu masih menunjukan pukul 6 lewat 15. Masih banyak waktu untuk menyusun rencana selanjutnya.

Pameran Pangan Nusantara dan Produk Dalam Negeri 2014 nama acara yang akan berlangsung mulain hari ini (26 sep) sampai tiga hari kedepan. Dan menurut pembicaraan peserta yang kebetulan duduk disebelah saya, pameran akan dibuka nanti siang, setelah sholat jumat. Bisa masuk agenda itu hari ini pikir saya. Tapi menunggu sampai siang dengan hanya duduk disini sepertinya sangat akan sangat membosankan dan membuang-buang waktu.

Segera saya bertanya kepada mbah google lokasi menarik di sekitaran tugu monas ini yang masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki, Museum Nasional, Masjid Istiqlal, Gereja Katherdal, dan tentunya Monas itu sendiri menjadi pilihan yang cukup bijak untuk mengisi waktu sampai nanti sore.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya putuskan untuk mengunjungi monas, kemudian sholat jumat di istiqlal, kemudian mengunjungi museum Nasional dan ditutup dengan melihat Produk Dalam Negeri sebelum kembali ke Gambir dan menunggu kereta Taksaka Malam ke Solo.

Sip, rencana yang cukup matang. Sekarang pukul 07.30 WIB. Menurut info Monas buka pukul 08.00 WIB, ada waktu setengah jam. Mengapa tidak bergabung dengan orang-orang yang sedang lari pagi ini, mengitari tugu monas.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s