Indonesia X-Files…

Buku ini berjudul “INDONESIA X-FILES” , “Mengungkap fakta dari kematian Bung Karno sampai kematian Munir”. Sebuah buku yang disusun dari catatan dr. Abdul Mun’im Idries, Sp.F, seorang dokter ahli forensik yang oleh O.C. Kaligis dalam sambutannya dalam buku ini, disebut sebagai seorang pakar di bidang forensik yang memiliki kredibilitas dan integritas teruji dan memiliki keberanian.

Buku yang berisi 6 Bab ini diterbitkan oleh Noura books (MIZAN) buku ini memang bukan buku baru, tertulis di buku tersebut cetakan pertama Juni 2013, sudah cukup lama, saya meminjam buku ini dari seorang rekan kerja karena saya tertarik dengan judul bukunya, Indonesia X-Files. Judul buku ini membuat saya penasaran, “Apa sekiranya rahasia-rahasia yang belum terungkap dari banyak kasus pembunuhan yang pernah terjadi di Indonesia dan yang ditangani langsung oleh sang penulis, dr. Abdul Mun’im.”

Bab pertama dari buku ini langsung menuju kebeberapa peristiwa di masa lalu yang sampai sekarang memang masih menyimpan tanda tanya untuk kebenarannya, seperti peristiwa Trisakti, Semanggi, Tanjung Priok, sampai kematian Bung Karno, Munir dan Marsinah. Pada kasus-kasus tersebut, penulis memberikan pandangan dan pendapat mengenai kejanggalan laporan dll, namun pada akhirnya tetap bukan tugas beliau untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi.

Foto0648Lepas dari bab pertama, sampai bab terakhir, menurut saya pribadi sudah berbicara tentang hal yang agak khusus, bukan lagi soal fakta atas kasus kematian seseorang, tapi lebih kepada bagaimana seorang dokter forensik bekerja pada sebuah kasus atau kejadian seperti pada kejahatan narkoba, kekerasan seksual dan kejahatan pada anak. Sampai keberadaan seorang dokter forensik itu seperti apa.

Jadi menurut saya atau mungkin pembaca lain yang sebelumnya terpikat dengan judul buku kemudian sedikit terkejut dengan isi pada Bab pertama, akan tetapi masuk ke Bab kedua sampai akhir buku mungkin akan merasa sedikit kecewa. Karena (sekali lagi mungkin) apa yang diharapkan saya dan pembaca yang melihat judul tadi tidak terpenuhi.

Tapi buku ini tetap menarik, karena kita setidaknya jadi mengetahui, ada dipihak mana dokter forensik itu berada, seberapa penting keberadaan dokter forensik dalam sebuah kasus, lalu bagaimana para dokter forensik itu bekerja, dan untuk apa. Dan dengan diberikannya contoh-contoh kasus yang memang pernah terjadi, kita juga jadi sedikit belajar mengenai hukum dan pasal-pasal pidana serta bagaimana sebaiknya bersikap.

Dari pada tentang mengungkap fakta misteri kematian para tokoh, menurut saya buku ini lebih berisi tentang bagaimana dan seperti apa dunia forensik itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s