Raden Raja Kelana, 118 Hari Keliling Jawa Dengan Berjalan Kaki…

Awalnya saya agak bingung dengan judul buku ini, namun seperti yang tertulis di sampul bukunya, tulisan Raden Raja Kelana memang lebih besar dari pada tulisan lain, jadi saya anggap buku ini memang berjudul Raden Raja Kelana, dan kali ini Raden Raja Kelana bercerita tentang 118 hari perjalanannya mengelilingi pulau Jawa dengan berjalan kaki.

Seperti yang selalu saya sebut, Kisah Nyata selalu lebih menarik daripada cerita fiksi sehebat apapun, karena bagaimana pun juga kisah nyata itu benar-benar terjadi. Seperti buku Raden Raja Kelana ini. Buku ini adalah kisah nyata dari pengalaman sang penulis sendiri, pengalaman sang penulis ketika berpetualang seorang diri mengelilingi pulau Jawa, dan tentunya dengan berjalan kaki.

Raden Raja KelanaPertama kali melihat promo buku ini di facebook, saya agak heran, “118 Hari keliling Pulau Jawa dengan berjalan Kaki ?”, “Jangan bercanda, dalam rangka apa berbuat seperti itu?”
itulah yang ada di benak saya ketika membaca tulisan di sampul depan buku ini, karena rasa penasaran itulah, saya kemudian menghubungi nomor yang tertera untuk memesan buku Raden Raja Kelana ini.

Tepat sekali dugaan saya ketika beberapa halaman awal terlewati, 118 hari yang dihabiskan tersebut bukan tanpa alasan, tapi demi sebuah tujuan dan disertai niat yang sangat kuat, berziarah ke makam para Wali dan Ulama.

Kisah pada buku ini diawali dengan cerita latar belakang peristiwa yang membuat sang penulis mencetuskan sebuah niat untuk berziarah ke seluruh makam Wali dan Ulama di Pulau Jawa. Memang ada beberapa cerita yang masih disembunyikan oleh penulis (penulis sendiri yang mengatakannya dalam buku). Namun secara keseluruhan saya rasa pembaca masih tetap dapat menangkap inti cerita.

Raden Raja Kelana iiKemudian kisah dilanjutkan dengan sebuah diary perjalanan yang tercatat rapih setiap hari-nya selama 4 bulan, atau 118 Hari perjalanan. Setiap kejadian yang dialami penulis sepanjang perjalanan tercatat dan terangkum dengan wajar dan apa adanya. Kisah ketika sakit, kehabisan bekal, bahkan ketika bertemu dengan “teman” di perjalanan, semuanya terangkum disini, di bab yang dibagi menjadi empat bagian sesuai dengan bulan ketika perjalanan berlangsung.

Buku ini menarik, seperti yang sudah saya sebutkan diatas, buku yang ditulis dari kisah nyata akan mempunyai nilai tersendiri. Seperti juga buku ini, Kisah perjalanan sang penulis paling tidak bisa memberikan sebuah inspirasi buat pembaca. Bukan untuk melakukan hal yang sama (pengecualian jika pembaca merasa mampu, he), tetapi untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa yang sudah dialami oleh sang penulis, dan jika hal yang sama kemudian terjadi kepada kita, kita tau bagaimana bersikap, berpikir dan bertindak.

Oiya, satu lagi, buku karya Baitu Rachman ini kabar terkahir yang saya dapat, belum dijual bebas di toko-toko buku, jika teman-teman ada yang berminat, sebaikanya hubungi langsung sang penulis di Facebook-nya, atau hubungi nomor berikut : 085729203271. Harganya murah kok, cuman Rp.40.000,- (free ongkir ke seluruh Indonesia) kita akan diajak merasakan keliling Pulau Jawa dengan berjalan kaki.

Iklan

2 pemikiran pada “Raden Raja Kelana, 118 Hari Keliling Jawa Dengan Berjalan Kaki…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s