(Cerita Komputer 3) – Update Windows…

Setelah proses installasi windows yang kedua selesai, sebenarnya saya masih penasaran dengan Windows berbahasa Mandarin tersebut. Dari hasil googling, saya mendapatkan setidaknya ada tiga cara yang dapat dicoba untuk bisa mengubah tampilan bahasa dari Windows Mandarin menjadi Windows berbahasa Inggris.

Cara pertama, masuk ke menu control panel dan mengubah Regional Options, saya coba dan cara ini tidak berhasil, yang berubah hanya waktu, sedangkan bahasa tidak berubah sama sekali.

Cara kedua adalah dengan masuk ke regestry edit, dan mengubah kode string untuk bahasa, saya sudah coba dan ternyata tidak berhasil juga. Walaupun di registry sudah kita ubah tapi ternyata tidak ada perubahan setelah Windows di restart.

Cara ketiga, selain mengubah registry seperti cara kedua, dilanjutkan dengan meng-update Windows dengan file yang bisa di download di situs microsoft. Cara ke tiga ini sebenarnya adalah cara yang paling benar untuk mengubah Windows dari bahasa apa saja, menjadi ke bahasa Inggris.

Saya sudah melakukan cara yang ketiga dan berharap akan berhasil ketika windows saya restart, namun disini saya melakukan sebuah kesalahan yang fatal. Saya lupa untuk menge-cek ke aslian dari windows tersebut. Sehingga kekhawatiran saya terjadi, Windows ternyata tidak asli sehingga ketika update sudah dilakukan dan komputer di restart, maka yang terjadi saya tidak bisa logon.

Windows mendeteksi adanya pelanggaran atau kesalahan terhadap license. Hal itu membuat saya hanya stag di halaman log on dan hanya ada satu pilihan, yaitu shut down.
clip_image002Gambar diatas adalah dialog box yang kaluar di halaman logon windows, kalaupun kita klik OK tidak ada pengaruh apapun, karena kotak dialog itu akan terus keluar. Kecuali kita memilih tombol shutdown.

Masalah baru lagi…. he

Tinggalkan Balasan

