(Cerita Komputer 2) – Backup Driver…

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, akhirnya diputuskan untuk meng-install satu OS lagi di Acer Aspire M1860 itu, karena usaha untuk mengubah bahasa Mandarin menjadi bahasa Inggris ternyata tidak berhasil.

Melakukan peng-install-an mungkin bukan perkara yang sulit, kapasitas HDD 500GB dan sudah dipartisi menjadi 4 bagian dirasa cukup untuk satu buah OS lagi. Pilihan jatuh ke Windows XP SP 3 bukan Win 7 atau Win 8. Keputusan ini diambil karena Win XP lebih ringan dan mendukung untuk software-software pengolahan data yang kami punya. Kesulitan baru datang ketika kami ingin meng-install driver dari komputer tersebut.

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, komputer ini datang dengan keadaan siap pakai dan tidak ada tambahaan apapun, tidak ada CD Driver yang disertakan. Jadi bagaimana dengan VGA, Soundcard dll nya ?

Dari hasil googling kami mendapat software backup driver, jadi software ini dapat menyimpan driver yang sudah ter-install di komputer dan juga dapat me-restore nya ketika kita membutuhkan nya. Ada 3 software backup driver yang saya temukan dari hasil googling. Yang pertama adalah Double Driver, yang kedua Driver Max dan yang terakhir Driver Genius.

Dari ketiga itu saya pilih Double Driver, selain kapasitas yang kecil dan freeware, software ini ternyata buah karya anak Indonesia dan penggunaannya sangat mudah. Kita tinggal download software tersebut, membuka nya di komputer, kemudian menyimpan nya di folder. Ketika Installasi Windows yang baru selesai, kita tinggal me-restore hasil backup driver tadi dan selesai.

Windows XP SP 3 yang baru siap dipakai. Dan karena Win XP ini berbahasa Inggris seperti OS Win XP kebanyakan, jadi lebih mudah memakainya. Sementara Win XP yang berbahasa Mandari itu kami biarkan apa adanya dan akan kami pakai jika memang terpaksa.

buat yang ingin mendapatkan software Double Driver atau software backup driver yang lain, silahkan googling, ada banyak blog yang menyediakan link download dan cara penggunaannya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s