Idul Adha dengan Burgo…

Setelah pulang dari Rinjani kemarin, jatah cuti saya masih tersisa sekitar satu minggu. Seharusnya saya kembali satu hari sebelum hari Raya Idul Adha, berat untuk kembali ke lokasi kerja sebenarnya, beruntung ternyata kantor mengeluarkan kebijakan libur Hari Raya selama 3 hari sampai hari minggu. Jadi lah, saya teruskan cuti saya sampai hari minggu.

Hari Raya Idul Adha sebenarnya agak berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri, terutama dalam cara kita menyambutnya. Tidak ada masak-masak kue, opor ayam dan sejenisnya. Bahkan terkadang berlalu seperti hari biasa, kecuali pada waktu sholat nya.🙂

Namun pada Hari Raya Idul Adha kemaren ada yang sedikit berbeda dirumah, Ibu bermaksud untuk mengundang saudara-saudara untuk makan bersama dirumah. Bukan makan-makan mewah, hanya sekedar nya saja. Menu yang dihidangkan pun hanya Burgo, empek-empek dan Martabak. Khusus yang pertama saya sebutkan memang spesial, karena ibu saya sendiri belum pernah dan tidak bisa memasak nya. Berhubung waktu itu ada uwak yang sedang menginap di rumah, dan beliau adalah pakar nya bikin burgo. Jadi lah beliau di daulat untuk memasak burgo yang banyak kemudian mengundang saudara-saudara yang lain untuk ikut menikmati bersama.

Apa itu Burgo ?? saya sendiri baru kemarin itu pertama kali makan burgo, sepupu saya menyebut burgo singkatan dari bubur surgo he. Burgo (katanya) makanan khas Palembang selain empek-empek. Terbuat dari tepung beras yang dimasak tipis dan digulung seperti lumpia. Pelengkap dari Burgo adalah kuah berwarna putih yang terbuat dari ikan gabus dan santan, sehingga rasanya gurih. ditambah bawang goreng dan sambal buat yang suka pedas membuat burgo menjadi lebih nikmat, tidak salah apa yang dibilang oleh sepupu saya. he

Saya sendiri pun akhirnya ketagihan dengan makanan itu, Beruntung ke esokan harinya uwak saya berbaik hati membuat kan lagi burgo, sehingga saya bisa memuaskan hati makan burgo di hari Idul Adha🙂

Satu pemikiran pada “Idul Adha dengan Burgo…

Tinggalkan Balasan

