(ke Lombok) – Gili Trawangan…

Sebagai pelampiasan karena gagal memuncaki Rinjani, dan kami masih memiliki satu hari bebas di Lombok. Segera kami susun rencana untuk esok hari. Dan semua sepakat untuk mengunjungi Gili Trawangan, kami semua ingin tahu seperti apa pulau yang sangat terkenal itu.

Kami segera menghubungi travel agent untuk menanyakan masalah transportasi dan lain-lain jika kami ingin kesana, dan akhirnya kami ditawarkan paket spesial untuk itu. Jadi kami akan diantar jemput dari hotel sampai ke hotel lagi. Ya sudah, tidak perlu berpikir panjang, karena memang kami tidak ingin waktu yang berharga terbuang percuma. 🙂

Kami langsung bersiap-siap untuk berangkat menuju Gili Trawangan, sekitar 30 menit perjalanan, kami sampai di bangsal, sebutan pelabuhan tempat perahu yang akan mengantar kami ke Gili. Kami sengaja menyewa perahu privat, karena jika naik yang umum, kita harus menunggu sampai perahun yang berkapasitas 20 orang itu penuh, sedangkan kami hanya berlima.

Hanya 5 menit perjalanan dari Lombok ke Gili Trawangan, mendekati Gili terlihat keramaian dan aktivitas pantai dari pulau yang terkenal ini. Sepintas memang mayoritas pengunjung pulau ini adalah turis asing. Jika pun ada turis lokal, mereka hanya singgah tidak sampai menginap seperti para turis asing yang menghabiskan waktu lama di pulau yang memang sangat bagus ini.

Sampai di Gili, kami bingung, acara apa yang akan kami lakukan disini, kami semua tidak ada niat untuk bermain air di pantai apalagi snorkling. Tapi tidak lama kemudian, kami melihat penyewaan sepeda, langsung saja terbesit niat gila untuk memutari Gili dengan sepeda. Sebuah ide gila tanpa dasar, dan benar saja, belum ada sepertiga keliling pulau, satu-persatu dari kami menyerah, karena hari semakin siang dan memang tidak mungkin untuk memutari pulau ini dalam waktu 3 jam.

Pulau ini benar-benar seperti dunia lain, yang saya liat hanya pengunjung turis luar, jika pun ada orang lokal mereka adalah pengusaha rumah makan atau hotel disana. Polisi nya pun seperti polisi di film barat, bertelanjang dada dan gaul, he.
Pasir pantai yang putih bersih, dibeberapa area dibatasi dan seperti menjadi milik hotel atau cottage yang ada di depannya, tapi pantai umum yang bisa dimasuki semua orang masih sangat banyak.
Untuk sobat yang muslim, di Gili juga ada masjid yang besar, dan tidak henti-henti nya mengingatkan para umat muslim untuk menjalankan ibadah ketika tiba waktunya.

Akhirnya setelah sejam lebih kami bersepeda dan berusaha memutari pulau, kami kembali. Kemuadian makan siang, walaupun waktu sudah menunjukan pukul 3 kurang. hahaha

Setelah makan kembali lagi kami bingung dengan rencana selanjutnya, Astur kemudian mengusulkan untuk menyebrang ke pulau atau Gili lain, sekaligus mengincar sunset. Kami sampaikan usulan itu ke guide yang mengiringi kami dan boatman, mereka semua setuju walaupun kami tidak pergi ke pulau lain tapi sebagai ganti nya mereka mengantar kami ke sebuah titik di tengah laut yang sangat pas untuk menyaksikan sunset.

Amat disayangkan, cuaca pada saat itu sangat tidak bagus sekali, sampai pukul enam lewat dua puluh, sunset yang kami tunggu tidak juga nampak, boatman mengatakan sepertinya di Bali sedang hujan sehingga awan tebal berkumpul menutupi matahari. Ya sudah, apa mau dikata, sebaiknya kita kembali ke Lombok sebelum hari benar-benar gelap dan itu akan menyulitkan boatman untuk mengarahkan perahu.

Dari Gili Trawangan kami kembali ke hotel, kali ini kami pindah ke Sengigi Beach Hotel, mencari hotel yang lebih dekat, namun kemewahan hotel ini tidak dapat kami nikmati sepenuhnya, karena kami baru tiba di hotel sekitar pukul 10 malam, karena tadi kami mampir di restoran dan sedikit berbelanja buah tangan.

Tidak terasa, 5 hari sudah kami di pulau ini, dan besok kami harus kembali pulang. Masih belum puas rasanya.