Komik Indonesia ?…

Ini yang masih belum kesampaian dari dulu-dulu, me-review komik lokal, komik karya anak bangsa sendiri. Saya ingin sekali menuliskannya di blog ini karena jika mendengar cerita sejarah masa lalu yang mengatakan bahwa komik lokal pernah menjadi raja di rumahnya sendiri tidak kalah dengan serbuan komik barat (Amerika). Walaupun sekarang? jangankan komik lokal, komik barat pun mulai digusur oleh komik jepang atau yang lebih populer dengan sebutan Manga.

Bukan salah saya jika saya pun lebih sering membaca Manga atau komik jepang. Karena memang komik jepang itu lah yang ada di pasaran, yang paling gampang di temui di toko-toko buku, selain karena komik jepang lebih murah dari segi harga dan lebih beragam dari segi cerita. Saya pun di masa kecil dulu sempat gemar dengan komik super hero barat, seperti Superman, Batman dan Spiderman, bahkan sekelebat dari ingatan saya, rasanya saya dulu pernah membaca komik si Buta dari Goa Hantu dan beberapa super hero lokal yang saya lupa namanya.

Jika dikatakan komik Indonesia mati hal tersebut rasanya salah, beberapa komik Indonesia pernah diterbitkan oleh Elex Media, penerbit lain pun secara rutin menerbitkan komik karya anak bangsa, belum lagi komik-komik underground dan komik-komik indie yang diterbitkan secara swadaya.
Menurut saya komik kita hanya menunggu waktu untuk kembali mengambil alih pasar tapi tentu dengan beberapa catatan, seperti kualitas gambar dan cerita yang bisa bersaing dan yang tidak kalah penting adalah Harga. Dua hal didepan karya-karya anak bangsa bisa dikatakan lebih bagus dan lebih bermutu namun dari sisi harga masih jauh lebih mahal sehingga pembaca mengurungkan niatnya untuk membeli.

Kedepan saya hanya bisa menyemangati dan mendukung para komikus lokal untuk tidak berhenti berkarya dan harapan saya tentu saja saya ingin melihat komik-komik lokal bersanding dan bersaing di etalase toko-toko buku dengan jumlah yang sama banyaknya, baik eksemplar maupun penggemar.

Tinggalkan Balasan

