Hari Anti Korupsi se-Dunia…

Kemarin, tanggal 9 Desember 2009, Dunia “merayakan” Hari Anti Korupsi. Indonesia-pun tidak mau ketinggalan untuk hajatan besar ini. Jauh sebelum hari H, sudah ada himbauan kepada seluruh masyarakat untuk turut serta menyuarakan anti korupsi, bahkan beberapa LSM, lembaga terkait maupun kelompok-kelompok massa telah bersiap untuk menggelar aksi secara serentak pada hari itu dan mereka pun “mengancam” akan beraksi dengan jumlah massa yang besar.

Dan pada hari H, gerakan massa memang benar-benar terjadi, televisi memberitakan aksi menentang korupsi terjadi di 33 propinsi di Indonesia. Tidak seperti yang dikhawatirkan presiden SBY dalam pidatonya yang lebih terkesan menuduh dari pada menghimbau, aksi di seluruh Indonesia berjalan dengan tertib, kecuali di daerah Makassar yang terjadi sedikit kerusuhan karena suatu hal.

Bagaimana dengan saya sendiri, apa yang saya lakukan pada hari Anti Korupsi se-dunia itu? Yang jelas saya tidak ikut turun kejalan meneriakan berantas korupsi, gantung koruptor, usut tuntas skandal century, turunkan Boediono dan lain sebagainya. Bukan berarti saya tidak berpartisipasi atau tidak mendukung gerakan Anti Korupsi lho, saya hanya “merayakan” Hari Anti Korupsi se-Dunia dengan cara saya sendiri.

Hari itu saya berusaha dan berjanji untuk tidak melakukan korupsi (lagi), karena ternyata banyak hal yang kita anggap sepele tapi ternyata itu merupakan sebuah perbuatan yang termasuk korupsi. Yang saya lakukan untuk “merayakan” Hari Anti Korupsi se-Dunia tanggal 9 Desember 2009 kemarin adalah, Saya masuk kantor tepat waktu dan pulang tepat waktu, (pulang lebih cepat ternyata termasuk kedalam kategori korupsi waktu), saya tidak memperpanjang jam isitirahat (ini juga termasuk korupsi waktu)saya tidak melanggar marka jalan ketika lampu merah (melanggar ini termasuk korupsi hak orang lain) dan masih banyak lagi perbuatan kecil yang terlihat sepeke tapi ternyata adalah sebuah tindakan korupsi yang tidak baik jika dijadikan sebuah kebiasaan.

Awas bahaya laten korupsi..!!

6 pemikiran pada “Hari Anti Korupsi se-Dunia…

  1. Korupsi pada saat sekarang sudah seperti wabah yang menyerang hampir seluruh negara. Suatu hal yang sangat memprihatinkan. Tidak salah rasanya, ketika salah satu badan dunia menetapkan hari anti korupsi sedunia.

    Mudah-mudahan kita bisa memaknainya lebih dari sekedar seremonial yang hanya berakhir pada hari itu. Kampanye anti korupsi harus selalu kita tanamkan dan gelorakan sepanjang masa, dengan dimulai dari diri sendiri tentunya.
    Cara Membuat Blog

  2. diberita saya dengar, korupsi tidak bisa dihilangkan 100%, korupsi itu akan selalu ada..

    yang bisa kita lakukakan adalah, meminimalisasi dan menghambat jalur2 yang dikhawatirkan dapat menyebabkan munculnya korupsi.

  3. Korupsi memang sangat-sangat merugikan, apalagi jika korupsi dilakukan oleh pejabat pemerintahan yang mengurusi masalah kerakyatan.
    Akan ada banyak rakyat yang sengsara karena perbuatannya itu.

    Dan satu korupsi disebuah tempat, itu akan menimbulkan kejahatan-kejahtan lainnya, bisa dibilang korupsi adalah penyakit yang menjalar dan bisa meracuni semua aspek.

    Kepada para koruptor hendaknya segera bertobat, kutukan rakyat yang kau sengsarakan akan menemani mu salalu sampai akhir hidup-mu.

    Kepada mahasiswa anti korupsi, teruskan idealisme pemikiran dan sikap kalian, jangan sampai ini hanya menjadi sebuah awal dari lingkaran setan. Ketika kita mahasiswa berteriak anti korupsi dan ketika menjadi pejabat, kita malah korupsi…
    Jangan sampai itu terjadi teman-teman !! Itu tidak boleh terjadi !!!

    Negeri ini harus bebas dari KORUPSI dan KORUPTOR !!!!

  4. ada beberapa hal yang saya khawatirkan, setuju sekali dengan yang dikatakan “mahasiswa anti korupsi” harapan sangat besar berada di pundak generasi muda.

    Generasi muda ini yang nantinya akan memimpin bangsa, semoga kalian tidak teracuni oleh busuknya udara pemerintahan dan bisnis sekarang ini.

    Sehingga saat ketika kalian memegang tapuk kepemimpinan, idealisme dan prinsip itu tetap di junjung tinggi, dan teriakan keras anti korupsi yang kalian agunggkan dengan kepalan tangan ke udara dan almamater yang melekat di badan itu benar-benar dari hati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s