Rembulan Tenggelam di Wajahmu…

Gara-gara novel ini saya belum meng-update lagi komik baru atau komik lama yang sedang saya baca (hehe alasan). Sekali lagi saya harus berterima kasih kepada saudara Adenan, karna sama dengan Kronik Betawi, novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu ini juga kepunyaan beliau (gak modal pisan ya jadi orang hehe).

Rembulan Tenggelam di Wajahmu, sebuah novel yang penuh dengan pujian, hal ini saya ketahui karena sebelum nge-post tentang novel ini, saya sempat googling untuk mengetahui tanggapan pembaca lain, karena sebenarnya saya sudah sangat telat dalam membaca novel ini, novel ini sudah terbit sejak bulan Februari 2009 lalu  dan saya baru baca sekarang (bulan November), jadi pasti sudah banyak blog yang membahas tentang novel ini, selain itu juga membaca bahasan orang lain dapat menjadikan sebagai referensi tidak langsung buat saya pribadi untuk menuliskan tentang novel ini (bukan meng-copy lho hehe).

Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu menurut saya sangat bagus dan menarik, menceritakan kisah hidup seorang manusia bernama kecil Rehan dan berubah menjadi Ray ketika dewasa. Menceritakan kisah hidup seorang manusia yang penuh dengan perjuangan di masa kecil karena tumbuh besar di panti asuhan yang tidak disukainya dengan tidak mengetahui siapa kedua orang tuannya, kemudian memutuskan untuk pergi dan memulai perjuangan dan petualangan hidup di berbagai tempat. Hidup di terminal, berjudi, mendapat luka tusukan, pergi ke ibu kota, tinggal di rumah singgah merupakan sedikit dari perjalanan panjang Rehan.
Selama perjalanan waktu itu pula dia menemukan yang menurutnya ketidakadilan, menemukan yang menurutnya kebahagian keluarga, menemukan yang menurutnya kesedihan karna kehilangan, menemukan apa yang menurutnya amarah dan lain sebagainya.

Novel yang sangat menarik menurut saya pribadi, Tere Liye sang penulis (entah bagaimana cara membaca nama ini) melalui cerita dalam novel ini dan melalui lima pertanyaan yang biasa di tanyakan manusia dalam hidupnya yang juga menjadi objek cerita pada novel ini, mengajarkan kepada kita bagaimana sebaiknya menghargai, menjalani dan menikmati hidup. Novel ini dikeluarkan oleh penerbit Republika, cetakan pertama tertulis pada Februari 2009, sedangkan buku yang saya baca adalah cetakan ketiga Agustus 2009, cukup membuktikan bahwa buku ini sangat menarik.

2 pemikiran pada “Rembulan Tenggelam di Wajahmu…

Tinggalkan Balasan

