Harlem Beat…

Harlem Beat adalah salah satu diantara sekian banyak komik basket, tetapi sedikit berbeda dengan beberapa komik lain yang saya tahu seperti Slam Dunk, Dear Boys, dll. Menurut saya komik ini paling menarik diantara yang lain baik dari segi cerita maupun gambar.

Komik karya Yuriko Nishiyama ini mengambil cerita basket sekolah yang dicampur dengan basket jalanan, ditambah dengan bumbu drama percintaan dan kehidupan para personilnya..pokoknya ceritanya komplit deh..hehehe.

Mengambil tokoh utama seorang anak SMU yang baru mulai bermain basket tetapi bisa mengejutkan orang dengan semangat juang nya yang pantang menyerah. dijamin menarik deh ceritanya, mana gambarnya bagus karena settingnya mengambil setting jaman sekarang, modis jadinya…

Komik ini sudah cukup lama umurnya, sempet populer tahun 2000-an awal, diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo dengan total buku 29 seri. Sampai tamat pokoknya..

Harlem Beat

66 pemikiran pada “Harlem Beat…

  1. wah… jadi penasaran nih, padahal aku suka banget sama Dear Boys, tapi anda mengatakan kalau lebih bagus komik Harlem Beat, jadi penasaran … saatnya berburu…

  2. yah…ini sudah masuk masalah selera…
    saya menganggap kalo komik Harlem Beat ini komplit banget ceritanya.. uda kayak sinetron aja…hehehe

  3. maaf gabubg mendadak, soalnya aku juga suka banget ama komik ini, tapi susaaaaaaah banget buat nyarinya soalnya koleksiku ga lengkap, pgn bgt tau isi komik trakhir, no.29, bisa ceritain ga antara sakurai ama kiriko gmana? hehe makasi πŸ™‚

  4. @ odif : di buku terakhir no 29, diceritain kalo mereka berdua pergi ke (di teks nya) Indonesia, sambil nunggu Sakurai masuk kuliah, karena dia ingin menimba pengalaman dengan menyaksikan langsung ke lapangan.
    Sebelum adegan ini ada beberapa adegan yang menunjukan Sakurai ingin mendapatkan jawaban dari Kiriko, tapi yah namanya juga Kiriko.. di gantung terus Sakurai-nya dan gk pernah mau jujur… hehehe

    btw: kamu stay dimana? masa susah sih cari komik ini ??

    • > Sari : sebenarnya walaupun ini komik lama, tapi beberapa toko buku ( di Jogjakarta) masih ada yang menjual komik ini beberapa seri, toko yang bekas2 juga ada beberapa..

      kalau mau sedikit usaha (via google hehehe) toko buku online juga kyke ada yang jual deh.. salah satunya klik aja gambar pada postingan diatas

  5. wah ini dia komik kegemaran gw….
    slain itu ciptaan yuriko nishiyama yg ‘dragon voice’ jg badus kok..
    cm 7 jilid aja…
    memang inti ceritanya mirip
    pertemanan, belajar, cinta, kerjakeras dan perpisahan

    gw selalu terharu sama ending dri yuriko nishiyama…

    • yuriko nishiyama kalo bikin scene yang sedih tu terasa banget πŸ˜₯

      kayaknya dia memperhatikan angle yg cocok biar lebih menampilkan perasaan si tokoh.. salut banget x)

      chapter paling mengharukan yang mana leen ??

  6. wah… aku udah pernah tamat nih komik waktu tuh aku suka sewa m rentalan… sekitar tahun 2002an… tapi sekarang aku pengen koleksi nih pengen baca2 lagi soalnya ceritanya seru n lucu… tokoh2nya asyik kayak kosuke,naruse,tomomi,mizuki… kira2 ada yang tahu dimana yah yang bisa dapetin nih komik…??aku tunggu kabrny…

    wah…ternyata banyak sekali yang menggemari Harlem Beat dan ingin mengkoleksinya ya… ok, nanti saya carikan info tobuk yang masih punya stok lengkap komik ini…:)

  7. hehe…. sekarang lagi baca2 ulang ni komik… ternyata masih seru, en belom bosen,,,,,…

    emang gak ngebosenin walau di ulang2 terus… he, sama kyk nonton film, ada seri2 yang memang seru dan menarik…

    • hmm..saya pertama kali baca komik ini langsung pengen belajar basket kebetulan waktu itu saya seumuran ma naruse sesama kelas 1 sma lah..alhamdulillah kelas 2 n 3 si percaya jadi tim inti basket sma..fiuh..bareng ma yoyok n supri sahabat tercinta…sekarang setelah saya kerja pengen sekali baca komik itu lagi..n setiap saya cuti juga pasti pinjam komik ini..

      wah…mantep tuh, ternyata komik bisa membawa dampak positif, jadi inspirasi untuk maju.. ini bisa menggoyahkan anggapan sebagian besar masyarakat yang bilang komik tu gak ada manfaatnya..hehe (malah emosi saya..)

      wah..saya bisa bayangkan gimana kenangan kalian pas baca komik ini lagi, pasti seru dan banyak senyum…

  8. salam kenal semuanya. saya pertama kali pinjam ma teman smk,krn cerita nya ok jadi saya cari utk di koleksi tapi sampai sekarang lum lengkap juga. saya pernah liat di daerah binus ada yang jual dari seri 1 – 29. tq

    salam kenal juga wen-wen… hehe bagus kan cerita Harlem Beat, di sini (yogyakarta) juga agak susah cari komik itu, saya sudah ke Tobuk (Gram****, dkk) maupun ke tobuk yang jual majalah dan buku bekas, tetep susah….

    di internet sepertinya juga ada..di kinantikomik.com tempat saya ambil gambar buat postingan.

    • Di toko buku uda ga ada lagi. Saya sempat searching di toko buku online,ada yg jual HB. Bagusnya lagi, boleh beli HB ga urut. Y, uda saya langsung pesen no buku HB yg krg lengkap. Saya beli 11 buku HB, tapi masih krg 7 buku HB lagi.

      akhirnya dapet juga ya ?? tapi masih belum lengkap ??
      kemaren di jogja ada book fair, dan ada beberapa stand yang menjual komik2 lama dan baru, tapi tetep aja Harlem Beat-nya gak ada yang jual.. (

  9. HB ini salah satu komik yg gw suka tp sanyangnya jilid 1 s/d 4 rusak terkena air hujan saat teman pinjam tp masih bisa d baca sih, emang benar ni komik di baca berulang2 ga ngebosenin.

    Buat gw Komik karya Yuriko Nishiyama ini sangat menyentuh perasaan n sepertinya kita terbawa ke dalam cerita.

    jalan ceritanya ga ngebosenin coz Yuriko Nishiyama menampilkan jg jenis2 makanan n minuman di Jepang jg kota prostitusi :p
    (kira2 kapan yah gw bisa k kota sapporo)

    ada masa boringnya baca HD ketika pertandingan musim dingin SMU Johnan tidak ikut bertanding.

    jilid akhir cerita HB sptnya di paksakan untuk THE END ya walaupun HAPPY ENDING nya bagus tp rasanya kurang puas klo ending yg d berikan terlalu d paksakan di 1 buku.

    kalau ada pingin rasanya membaca HD2, kira2 naruse sudah spt apa yah?
    Tante Yuriko Nishiyama kabulkan dong permintaan gw :p

    hehe, bisa dibilang ni komik komplit kan ceritanya, gak cuma ngomongin basket aja, tapi juga apa yang terjadi dengan para pemainnya dan kehidupannya juga..
    emang rada kurang seru pas Jhonan gak ikut maen di musim dingin, kyk ada yang kurang, masa pemain utama disingkirkan dengan gampangnya hehe

    happy ending yang kurang mengigit ya? soalnya yang diceritakan pas endingnya itu cuma perpishan dengan senior-senior nya aja sih ya..

    HB jilid 2 ?? wah kayaknya seru tuh klo memang bener2 ada..
    cerita nya kira2 fokus kemana tuh ? Naruse bakal jadi Sakurai juga gk ?? Atau Jhonan akhirnya jadi juara ???

  10. aku baca HB dari umur 10 loh.. n suka banget sama jalan cerita’na ^^

    di episot (sinetron kale??) terakhir, penulis manga ini kasi puisi yang isinya keren n romantis banget..

    jadi pengen baca lagi >__<

    tambah lagi penggemar komik Harlem Beat…hehehe
    setuju dah, emang komik yang bagus !

  11. duh bos…ada yang punya alamat buat read online atau komiknya.gw bli dach,……….gua kecanduan nich…jd inget masa sma dulu……….please ya….kirimin ke emailku……..

    wah… belum nemu kalau ada komik online nya, klo yang jual komiknya coba googling, klo gak salah ada beberapa toko buku online yang nge-jual ni komik..

  12. Iya ini komik keren banget!!!!
    gw pertama kali baca wkt esempe,,dan itu udh 10 tahun yg lalu,,,sampai sekarang gw masi suka bacanya,,,ga bosan2,,!!!

  13. wah gila, ini komik bagus bangeeeeeet!!!!
    walopun temenku bilang komik ini nggak punya klimaks & endingnya (sori) busuk, tapi aku ttp anggep ini komik super duper top xDDD

    ceritanya campur aduk tpi bagus, antara kocak, menyentuh, bikin gregetan, bikin ngamuk, dan lain-lain.. Yuriko Nishiyama emang jozz πŸ™‚

    Coba ada HB 2 ya, hehehe~

    Mau liat Sawamura masih bertahan di Johnan apa nggak, soalnya Yuriko sendiri bilang kalo Sawamura nggak bakalan mulus di Johnan πŸ˜₯

    Terus kalo nggak salah Johnan juga kemasukan Cokky ya? Hehehe

    *sorry nyerocos mulu, soalnya di sini yang suka Harlem Beat jarang bgt*

    hahaha, silahkan2 .. nyerocos sepuas nya.. kita cerita-cerita soal HB…
    saya sepakat banget klo komik ini memang bagus, cerita bagus, gambar bagus, komplit…

    memang banyak yang bilang basket nya agak kurang, apalagi sebagai tokoh utama, basket Johnan kurang punya taji dan gak jadi juara sama sekali, tapi buat saya gak masalah… hehe

    btw : disini jarang yg suka HB itu dimana πŸ™‚

  14. gara2 nih komik gua jadi bkin team street basket abal2 pas sd pake ngaran scratch!haha…gua punya sekitaran 7komik nya,tp cuma tnggal 3 biji doang sisanya gatau kemana 😦 jd kangen nih gua kpngen bca seri 1-29…

    wah, mantep tuh…gimana nasib nya scratch sekarang ?? he
    ke rentalan komik aja bos kalo pengen baca lagi, saya juga gitu sukanya..
    soalnya cuma punya beberapa nomor aja, gak kumplit

  15. gan beli komic nya d mna yah…
    kan ini komic lama jadi gk da yg jual….???

    wah…agak susah carinya bos..
    sering2 aja hunting ke kios2 komik bekas, atau pameran2 yang dibuat gramedia.. suka2 ada walau gak kumplit..

    bos jimmy posisi dimana nih ??

  16. Huaaaaa,,, suka bnget ma HB,, pengn bc lg, pengen lyat sawamura jg :”'( tp udh nyari2 ke tobuk *gram… Dkk ga ad :”( pliss ad yg taw ga Dmn bs beliny ?? Kasih info donk †hβ™Œnk γ☺u †hβ™Œnk γ☺u πŸ˜‰

  17. wah, mbak tya posisi nya dimana ??
    kalau di gramedia memang sudah gak ada lagi…

    coba aja ke toko2 buku bekas atau kalau di jogjakarta, mbak Tya ke rental2 komik.. disana mereka masih komplit hehehe

  18. hahaha,,komik ini hebat..jauh hari sblm saya addict sama one piece,saya sdh jatuh cinta duluan sama komik ini…toru naruse yg polos tp bersemangat,suji sakurai yg berbibawa,sumi sugu kobayashi yg pendiam dan kaku,,,hehehe jd kangen

  19. gw juga baca harlem beat pas kelas 6 sd, juga mulai main basket gara2 komik ini. pas sma pindah ke jakarta terus ikut tim basket sekolah. seru banget. ternyata efek samping nya jadi anak basket itu jadi terkenal seantero sekolah. haha. tapi beneran gw main basket karena naruse.

    waktu itu gw punya komik nya nyaris lengkap. yg ga punya paling cuma 2 volume doang. waktu itu ada temen nya temen gw (anak sma padahal waktu itu gw masih smp kelas 1) mau minjem, berhubung gw pengen nularin virus harlem beat yaudah akhir nya gw kasih pinjem semua nya aja. yg sedih nya pas balik ke gw dari sekitar 27 komik yg gw punya cuma balik sekitar 5 komik doang.

    parah banget. dongkol banget dah gw jadi nya. tapi yasudah lah akhir nya gw mengikhlaskan. tapi Allah masih menjodohkan gw dengan komik harlem beat…

    INI INTI CERITA NYA –> jadi pas gw lagi jalan2 ke terminal Senen nyari buku kuliah (gw tinggal di jakarta), gw KETEMU lagi sama harlem beatttt. girang nya bukan main. tetep ga lengkap sih tapi lumayan banget buat koleksi lagi. harga nya 5ribu per komik. akhir nya gw borong dari komik 18-26. 27-29 untung masih ada. hehe. mari lestarikan komik berharga ini ;D

    FYI: sekarang yuriko nishiyama lagi bikin komik yg judul nya Japonica no Arukikata. tokoh utama nya mirip naruse muka nya.

    • wah, turut berduka cita komik nya hilang, padahal sekarang carinya susah tuh… tapi dapet juga ya akhirnya…

      hmm, ada komik baru lagi ?
      tapi kyke belum masuk Indonesia ya ?

    • iya sih, bukan akhirnya menyenangkan dan terkesan belum tuntas ya..
      tapi sepertinya tidak ada tanda-tanda akan dibuat komik Harlem Beat 2, jadi yah….mau gimana lagi

  20. Ini komik fav dulu waktu smp, ceritanya bagus tokohnya lucu2 apalagi Sawamura yg cakep…walau agak matre ha ha.. Pgn dapet ni komik tapi susah bgt 😦

    • he, fans nya sawamura ya ?? bukan sakurai ? he
      kalau mau di kaskus ada tuh yang jual, sekitar 300rb an… kumplit, saya juga pengen tapi apa lah daya kantong tak sampai… hehe

  21. You really produced quite a few fantastic items throughout your article, β€œHarlem Beat… | FOR
    THE FUTURE”. I’ll be coming back again to ur page eventually. Thanks -Jenny

    • iya, kemaren lihat banyak komik2 lama yang di cetak ulang dengan embel-embel premium… sepintas ada, harlem beat, slam dunk, kenji,

      pas tuh, buat yang emang nyari2 komik ini..

      • oh jadi cetak ulang tapi ceritanya sama ya? bukan lanjutan dari series lama? yaaah kirain lanjutannya tapi ternyata cetak ulang?

        btw, saya ini penggemar harlem beat juga lagi nyarinyari jualan komik bekas online soalnya kangen berat sama komik basket kesayangan ini hiks

  22. iya, komik ini dirilis ulang istilah nya… tapi pake embel2 premium..
    biasanya komik nya jadi lebih tebal, jadi seri nya lebih sedikit, mungkin gak sampe 29, setengahnya mungkin..

    belum ada kabar kalau Yuriko bakal buat lanjutan dari kisah ini..
    kalau susah yang cari komik bekas nya mendingan beli edisi premium nya aja πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

