(gak) Perlu Ujian Nasional ??

Selain masalah Korupsi, HAM, Century, Cicak dan Buaya, Koin Prita, Kakao nenek Minah, pembunuhan Nasruddin dan masih banyak lagi yang lainnya (tentu), UN atau Ujian Nasional ternyata sedang (kembali) marak diperbincangkan disana sini. Pro dan kontra tentang UN sebagai syarat yang harus dilalui untuk lulus dari SMU kembali marak. Masing-masing pihak, yang pro dan kontra memberikan banyak macam pendapat kenapa harus tidak ada, kenapa harus ada, seperti ini seperti itu dan sebagainya.

Saya ada dimana? Sudah pasti saya ada pada kubu setuju dengan adanya UN. Saya pribadi tidak setuju jika UN harus ditiadakan dan dihapuskan. Saya tidak setuju dengan alasan yang menyatakan bahwa UN tidak bisa menjadi standar kelulusan seorang siswa, apalagi jika ditambah dengan kata-kata budi pekerti juga harus diperhatikan. “Yang lebih penting adalah proses pembelajaran itu sendiri” kalimat itu merupakan salah satu pendapat yang menguatkan untuk menghapus UN, yang kemudian disambung dengan “dan guru lah yang lebih tau perkembangan siswa-nya, jadi yang lebih berhak menentukan kelulusan siswa adalah guru bukan UN..”

Sebenarnya menurut saya (lagi) mungkin yang menyebabkan timbul banyak protes yang meminta untuk dihapuskannya UN adalah ketika beberapa tahun lalu pemerintah menaikan nilai standar kelulusan (dan dirasakan terlalu tinggi) yang berakibat banyak siswa yang tidak lulus (bahkan ada yang meng-klaim sebagai juara KIR tetapi tidak lulus UN). Para “korban” UN ini kemudian ramai-ramai berdemo dan meminta UN dihapuskan.

Apapun alasannya, saya tetap tidak setuju UN dihapuskan, dan tidak ada UN sama sekali. Menurut saya bagaimanapun juga diperlukan sebuah tes untuk menunjukan sejauh mana hasil dari proses belajar para siswa. Budipekerti dan lain-lain memang diperlukan, tetapi hal itu berbanding lurus pastinya. Mana ada anak yang baik (berbudi pekerti luhur) tidak rajin belajar ? mana ada anak baik bolos ?? Jika dia (siswa) itu adalah anak yang baik pasti dia akan sadar bahwa dia adalah seorang pelajar yang punya tugas untuk belajar. dan UN kemudian hanya akan menjadi sebuah pintu yang harus dilewati tanpa kekhawatiran sama sekali.

About these ads

8 gagasan untuk “(gak) Perlu Ujian Nasional ??

  1. Blog Walking malam hari di penghujung pekan, mengais ngais ilmu dari para sahabat, mencari sesuap pengetahuan dan segenggam persaudaraan salam ketulusan dari ruang hati ku

    ujian masih jadi polemik, prihatin

    • terima kasih sangat atas kunjungannya, semoga mendapat apa yang diharapkan.. :)

      ujian adalah polemik yang seharusnya tidak terjadi, bukan begitu…

    • ya..mungkin itu jalan yang paling tepat untuk menengahi masalah ini..
      UN tetap ada, namun ada juga penilaian dan pertimbangan lain untuk memutuskan layak tidaknya seorang siswa lulus.

  2. mungkin itu memang sebuah refleksi bahwa diperlukan banyak perbaikan dalam sistem pendidikan kita. Peristiwa-peristiwa yang om jeli sebutkan di awal tulisan juga mungkin refleksi bahwa negara kita, masih perlu perbaikan sistem.

    hmmm… samar-samar gue ingat, coba cari tau ttg sekolah alam cikeas deh. dia ada kelas sampai SMA tapi yg SMA itu kalau lulus kudu ambil ujian pake C. seingatan gue yg sama-samar itu… hanya 1 siswanya yg melanjutkan ke perguruan tinggi karena yang lain memilih menjadi PENGUSAHA.

    sorry ga bisa kasih link. soalnya aku juga denger kisahnya aja

    • wah..klo sudah bicara sistem bakalan susah dan sangat kompleks sekali..
      bukan hanya 1 atau 2 yang harus diperbaiki..

      hmm sekolah alam cikeas ya? pernah dengar juga nama itu, tapi gak tau kalau mereka juga ada kelas sampe SMA?
      nanti di cek ulang deh…

      terima kasih info-nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s